oleh

Mengapa Bangunan Peninggalan Belanda Bisa Kokoh Sampai Sekarang?

Apakah kita sering memperhatikan dan mempertanyakan, mengapa bangunan-bangunan dulu yang diangun sejak zaman belanda di Indonesia masih kokoh sampai sekarang?

Seperti yang kita ketahui jika belanda merupakan negara yang memiliki kualitas dalam membangun bangunan, ini terbukti dengan mereka membuat dam kokoh yang membuat lautan menjadi daratan, dan jika dilihat bangunan di indonesiapun masih bertahan sampai sekarang.

Berbanding berbalik dengan proyek pembangunan di Indonesia pada saat ini yang sering kita mendengar bangunan itu mudah rusak. Bukannya meragukan buatan dari orang Indonesia, sebenarnya di Indonesia pun banyak bangunan yang kokoh. Namun apakah kita mengetahui penyebab bangunan dari zaman belanda ini masih kokoh hingga bertahun-tahun sampai saat ini.

Sebenarnya kokohnya bangunan zaman belanda bukan dikarenakan hal-hal mistis seperti tumbal atau sebagainya. Namun perlu diketahui bahwa bangunan yang di bangun sejak zaman belanda dapat di lihat dari sisi seperti:

  • Kualitas tinggi Dengan material barang impor

Untuk merealisasikan suatu bangunan, mereka tidak sembarangan dalam menentukan bahan material dengan mempersiapkan bahan-bahan berkualitas tinggi dengan bahan-bahan yang di impor langsung dari belanda agar pondasi dari bangunan mampu bertahan lama.

  • Merancang dengan teknik bangunan yang presisi

Para arsitek yang merancang bangunan, sangat paham betul dalam setiap detail-detail tingkatannya serta sudah paham betul dengam mempersiapkan struktur rancangan yang sesuai fungsinya dan presisi dari sebuah konstruksi.

  • Semen yang di gunakan

Pada zaman belanda mereka mumpunyai racikan semen khusus dengan menggunakan semen merah dan gamping yang di campur menjadi satu. Lalu batu bata yang telah digiling dengan sangat halus sampai menjadi bubuk, dan dibuat menjadi batu kapur sebagai perekat bangunan.

  • Memilih batu yang paling baik

Orang belanda sangat memperhatikan dengan baik dari setiap batu yang akan digunakan, sampai-sampai memperlakukan dengan membersihkan batu sampai bersih tidak ada kotoran. Serta mereka tidak ragu untuk bereksperimen dengan menyatukan dengan semen buatan mereka sendiri.

  • Yang terakhir adalah kedisiplinan dan kejujuranwalaupun dalam sejarah saat pembangunan zaman belanda penuh dengan atas penderitaan rakyat Indonesia yang di kerja paksa, namun jika dilihat dari bagaimana belanda membangun tak terlepas dari belanda yang sangat memperhatikan dari aspek rancangan bangunan, bahan yang digunakan, teknik yang digunakan saat membangun, serta pengeluaran biaya yang besar demi mendapatkan kualitas dari hasil yang bagus.

Kemudian alasan yang bisa saja terjadi di Indonesia yaitu permasalahan korupsi yang sangat sensitif sekali jika ada proyek pembangunan. Seperti pengurangan dana pembangunan ataupun anggaran besar yang sudah diberikan, namun malah memilih untuk membeli bahan dengan kualitas yang tidak tahan lama. (Affan Fuhaid)

Refrensi :

@anakteknikindo