oleh

Manfaat Keberadaan Hutan Lindung

Ada banyak macam-macam hutan dan setiap hutan memiliki perbedaannya tersendiri di indoensia, salah satunya adalah hutan lindung. Hutan lindung merupakan hutan yang memiliki kondisi hutan asli ataupun buatan. Oleh karena itu dengan kondisi yang sama dengan hutan asli pada umumnya membuat hutan lindung akan berdampak terhadap kelastarian kehidupan di alam sekitarnya, terutama seperti kondisi kualitas tanah dan air yang baik.

Hutan lindung merupakan kawasan yang sudah ditetapkan oleh pihak pemerintah dan masyarakat untuk selalu melindungi keberadaanya agar tidak rusak dan dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat seperti tersedianya persedian mata air, menjadi habitat dan tumbunya berbagai macam jenis flora dan fauna, serta menjadi paru-paru bagi daerah perkotaan.

BACA JUGA:  Jum'at, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok Terpilih Dilantik

Kelestarian pohon yang menjadi fokus utama dari hutan lindung dengan berbagai macam jenis pohon ini dapat mencegah terjadinya bencana alam seperti erosi, longsor, banjir bandang. Hutan ini bisa dikelola oleh baik itu pihak pemerintah, masyarakat sekitar hutan lindung, ataupun masyarakat lain yang tertarik melestarikan hutan lindung. Dan berikut ini hutan lindung yang terdapat di indonesia:

  • Hutan lindung sungai wain

Hutan yang terletak diantara sungai wain di daerah balikpapan kalimantan timur, merupakan hutan lindung dengan tipe hutan dipterocarpa dataran rendah yang masih terdapat diindonesia, dengan adanya hutan ini telah memberikan habitat yang bagus bagi flora dan fauna ini terbukti dengan banyaknya burung-burung langka yang tinggal di hutan ini.

  • Hutan lindung sungai lesan
BACA JUGA:  Kecamatan Sukmajaya Terbanyak Penyebaran Covid-19 di Depok

Hutan yang memiliki luas 11.000 hektar, yang terletak di kecamatan kelai, kabupaten berau, provinsi kalimantan timur ini merupakan habitat bagi 52 jenis mamalia, 118 jenis burung dan tidak kurang dari 200 jenis fauna.

  • Hutan lindung indramayu

Terletak di desa cikawung, kecamatan trisi, kabupaten indarmayu, provinsi jawa barat. Hutan ini yang telah menjadi kawasan hutan (KBKT) atau

  • Hutan lindung istana kepresidenan cipanas

Hutan yang sudah ada semenjak pemerintahan belanda ini, merupakan hutan lindung yang memiliki berbagai jenis flora yang banyak di dominasi oleh tanaman pohon pinus, pohon kayu manis, bambu, pohon suren, pohon damar, dan pohon berbatang keras lainnya.

  • Hutan lindung wahea
BACA JUGA:  Bursa Kerja Depok 2021 Akan Digelar Virtual

Hutan ini telah di kelola oleh masyarakat adat setempat oleh masyarakat dayak dengan luas 38.000 hektar, dan menjadi habitat berbagai jenis flora dan fauna.

  • Hutan lindung kota langsa

Terletak di aceh tepatnya di kota langsa dengan luas 16.000 hektar ini awalnya aadalah hutan yang sangat dijaga dan dilindungi. namun dengan hutan ini kini telah menjadi hutan wisata edukasi lingkungan bagi para pengunjung. (Affan Fuhaid)

Komentar

Berita lainnya