oleh

Lingkungan Di Hutan Sabana

Hutan sabana merupakan hutan yang memiliki ciri padang rumput tropis yang luas, dengan suhu cenderung hangat sampai panas di siang hari dan curah hujan yang datang secara musiman. Hal ini membuat hutan sabana terlihat kering karena rumput-rumput yang menguning.

Pada umumnya hutan sabana terdapat di wilayah Afrika, Australia, Amerika selatan bahkan di Indonesia yang beriklim subtropis dan tropis.

Pohon yang biasa tumbuh di hutan sabana ini biasanya ditumbuhi pohon palem dan pohon akasia, karena kedua pohon ini dapat hidup di iklim yang kering dan minim air.

Kemudian hewan yang biasa mendiami hutan ini seperti babi hutan, rusa, singa, badak, harimau, hyena, jerapah, antelope, macan tutul, babun, wildebeest, cheetah, dan lain sebagainya.

Di Indonesia pun terdapat hutan sabana tepatnya di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi dan Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Jimur. Untuk hutan sabana di Indonesia telah menjadi taman nasional untuk menjaga ekosistem di lingkungan tersebut. (Affan Fuhaid)