oleh

Kakeibo Cara Unik Masyarakat Jepang Dalam Mengatur Uang

Masyarakat jepang terkenal dengan kedisiplinannya, oleh karena itu gaya hidup masyarakat jepang menjadi sebuah teladan tentang bagaimana menata kehidupan yang lebih baik. Salah satunya seperti mengatur keuangan yang baik, dan di jepang hal ini populer dengan istilah kakeibo.

Kakeibo merupakan teknik mencatat segala pendapatan dan pengeluaran. Kakaibo juga sudah dianggap sebagai salah satu filosofi tentang praktik untuk menghemat uang oleh orang-orang jepang. Teknik kakaibo ini sudah muncul dan di populerkan sejak tahun 1990-an, oleh Hani Motoko.

Dengan kepopulerannya, yang membuat kakeibo begitu efektif yaitu karena cara pandang kepada perempuan pada masa itu yaitu ryousai kenbo atau bisa diartikan istri yang baik atau istri yang berprilaku baik dan dapat mengelola segala kebutuhan keluarga dengan baik.

BACA JUGA:  Angkat Tema "Spread the Love", Rossa akan Gelar Konser Bareng Afgan

Hal sederhana yang membuat metode ini efektif yaitu karena hanya menggunakan buku catatan dan pena saja, namun dengan alat itu kita harus mencatat keuangan kita melalui tulisan di buku catatan yang dapat menjadi pengingat terhadap pendapatan dan pengeluaran yang telah kita lakukan.

Kemudian menanamkan atau membiasakan dalam diri kita untuk terbiasa bertanya sebelum membeli sesuatu, seperti mempertanyakan apakah perlu untuk membeli barang ini? Apakah barang ini akan bermanfaat atau hanya akan memenuhi ruang dirumah saja? Dan apakah dengan membeli barang ini akan membuat keuangan menjadi acak-acakan?

BACA JUGA:  Mikha Angelo Rilis Mini Album "Lover" untuk Valentine Days

Untuk mengatasi itu metode ini mencatat pendapatan dan pengeluaran yang meliputi penghasilan tetap kita seperti bekerja. Lalu pengeluaran kebutuhan pokok sehari-hari seperti biaya makan, biaya traansportasi dan lain-lain. Kemudian pengeluaran bulanan atau tahunan seperti biaya sewa bangunan, pembayaran kredit, dan lain-lain.

Setelah itu lakukan target untuk tabungan dengan mencatat pendapatan bekerja yang diperoleh lalu dikurangi dengan pengeluaran yang sudah ditetapkan dan menargetkan berapa banyak nominal yang akan ditabung, kemudian pengeluaran ini yang akan dialokasikan untuk kebutuhan pokok sehari-hari. Lalu lakukan evaluasi rutin setiap bulannya dengan berbagai kendala selama ini.

BACA JUGA:  Prima Founder Records Produksi Full Album AM Kuncoro dan Single Perdana Bea Serendy serta Rojanah dalam Seminggu

Sebenarnya kakeibo ini memberikan kita cara untuk lebih menghargai dan mengatur kondisi keuangan kita, terlebih saat ini kondisi ekonomi disaat pandemi covid-19 yang sangat berdampak sekali terhadap sektor ekonomi dengan berubahnya suatu pendapatan. (Affan Fuhaid)

Komentar

Berita lainnya