oleh

Jangan Panik Jika Tersesat Di Alam Bebas, Lakukan Hal Dasar Ini Jika Tersesat

 

Berkegiatan di alam bebas merupakan hal yang menyenangkan, melatih kita tangkas dalam mengatasi masalah yang dialami dan menemukan makna hidup untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh tuhan.

Namun, dalam menikmati keindahan segala ciptaaan tuhan tentu kita tidak boleh sembarangan dalam mengambil tindakan seperti merusak ekosistem alam dan melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan kelestarian alam.

Dalam melakukan kegiatan di alam bebas, tentu sangat rawan sekali jika terjadinya bahaya yang bisa menimpa kita seperti tersesat, cidera, kehabisan logistik, dan di serang hewan buas. lalu untuk mencegah hal itu semua perlu adanya persiapan yang matang seperti persiapan ketahanan fisik, logistik yang telah memadai, dan pengetahuan untuk cara bertahan hidup di alam bebas.

Banyak hal bahaya yang sering terjadi jika berkegiatan di alam bebas, salah satunya yaitu tersesat. Mungkin bagi sebagian orang yang sadar jika dirinya tersesat akan merasa panik dan jika hal itu terjadi maka bisa membahayakan keselamatan diri sendiri, namun hal itu bisa kita atasi jika mengetahui tentang basic skill survival.

Lalu apa itu basic skill survival? Berikut ini adalah tahapan yang mesti kita lakukan saat tersesat :

  • Pertama jika kita merasa tersesat dan tidak mengingat jalur yang pernah di lewati, maka kita harus menghentikan terlebih dahulu perjalanan dan mengatur napas sejenak agar pikiran menjadi rileks, tenang dan tidak terbawa panik.
  • Kedua setelah mendinginkan pikiran, langkah selanjutnya yang harus kita lakukan yaitu mengingat-ngingat kembali jalur terakhir kita lalui yang membuat kita bisa sampai di tempat ini. lalu mengingat kembali benda apa yang sudah dilewati seperti pohon, batu-batuan, kondisi kemiringan tanah dan lain-lain.
  • Ketiga lakukan pengamatan seperti kondisi cuaca, kondisi medan, kondisi fisik, kondisi waktu, dan mencari tempat yang aman untuk bermalam. lalu pengecekan kondisi barang bawaan seperti persediaan makanan minuman dan peralatan yang bisa melindungi kita saat malam hari, cuaca buruk dan dari serangan hewan.
  • Keempat jika kita sudah mengetahui kondisi diri sendiri dan lingkungan sekitar maka langkah selanjutnya adalah membuat rencana untuk mengambil tindakan, apakah kita memilih untuk bertahan atau memilih untuk segera mancari jalan keluar.

Jika ingin bertahan maka kita harus mencari tempat untuk berlindung seperti menghindari serangan hewan dan cuaca buruk, mencari area dekat sumber air, dan alangkah lebih baiknya untuk mencari area yang lebih tinggi. Area yang lebih tinggi dapat membantu kita untuk mengamati kondisi sekitar sepeti jalur yang benar untuk dilewati dan mengamati jika ada pesawat pencarian yang lewat. lalu area yang tinggi jika semakin atas maka area akan semakin menyempit dan memudahkan tim pencarian. Namun jika kita bergerak kebawah area akan semakin melebar dan makin rawan tersesat.

Lalu jika ingin melanjutkan perjalanan, maka pastikan kita sudah tahu jalur mana yang akan dilewati serta memiliki persediaan logistik yang memadai dan alangkah lebih membantu jika sebelumnya kita sudah pernah mempelajari tentang navigasi darat. Untuk meminta pertolongan maka selalu siapkan peluit, karena suara peluit lebih efektif dibanding suara teriakan untuk meminta tolong. Dan jangan lupa untuk selalu berdoa meminta keselamatan kepada tuhan.

Dalam berkegiatan di alam bebas tentu banyak hal yang bisa terjadi dan bisa mengancam keselamatan kita, untuk itu perlu adanya persiapan, pengetahuan dan keterampilan agar hal-hal yang buruk tidak terjadi menimpa kita. (Affan Fuhaid)