oleh

Jangan Anggap Remeh Gangguan Kesehatan Mental

Masalah kesehatan mental merupakan gangguan kejiwaan yang mempengaruhi prilaku dan kondisi mood seseorang yang sedang mengalami ganguan mental seperti depresi, bipolar, skizofernia, anoreksia, gangguan adiksi, dan lain-lain. Oleh sebab itu kita harus rileks sejenak dan mengevaluasi apakah kejiwaankita sehat atau tidak karena akan berpengaruh terhadap semua aspek.

Kesehatan mental sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik, karena jika kita stress maka tubuh kita akan merasa malas untuk bergerak dan hanya ingin mengurung berdiam diri saja sepanjang waktu dengan rebahan merenungkan masalah. Tentu hal itu akan menjadi buruk terhadap kesehatan fisik bukan hanya mental saja. Namun jika pikiran kita positif tentang beban pikiran yang menumpuk, pasti kita akan semangat dengan berlampang dada menjalani aktivitas dan menyelesaikan masalah satu persatu.

Dalam kehidupan sosial orang yang memiliki masalah mental, cenderung jika dirinya tidak sepenuhnya punya kondisi batin yang tentram. Sehingga ia akan berusaha untuk menciptakan kondisi yang membuat ia merasa tentram kembali. Dan terkadang untuk memenuhi ketenangannya kembali ia sampai tidak menghargai orang lain, lalu menyusahkan orang lain seperti semua kemauannya harus terpenuhi. Semua masalah yang dialami ia lampiaskan di kehidupan sosial agar mendapatkan perhatian dan ketenangan yang berakibat terganggunya hubungan sosial yang ia jalini selama ini. Bahkan untuk kasus yang berbahaya strees dapat membuat kita melakukan tindakan-tindakan negatif yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Tidak hanya sampai disitu masalah kesehatan mental juga berpengaruh terhadap ekonomi negara, bahkan untuk saat ini saja menurut kementrian kesehatan indonesia masalah kesehatan mental masih menjadi permasalahan didunia. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap indeks pembangunan manusia yang nantinya akan berpengaruh terhadap ekonomi negara.

Oleh karena itu untuk mencegah kita mengalami masalah kesehatan mental, tentunya kita perlu melakukan kegiatan-kegiatan positif dan hal yang bisa melatih ketahanan mental kita di tengah-tengah kerasnya kehidupan. Untuk itu kita perlu melakukan hal seperti :

  • Mendekatkan diri kepada tuhan dan berdoa agar di mudahkan segala urusan
  • Menjalin hubungan baik dengan orang-orang terdekat
  • Berani dan bertanggung jawab dalam bertindak
  • Mengurangi melihat-lihat medsos
  • Rutin berolahraga
  • Memakan makanan yang bergizi
  • Refresing dengan melihat keindahan alam
  • Menyalurkan hobi
  • Melakukan kegiatan sosial agar kita dapat mensyukuri hidup yang dijalani
  • Menjalin pertemanan yang baik dan sehat (Affan Fuhaid)