oleh

Jahe Sangat Berkhasiat Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Jahe salah satu rempah-rempah yang tidak pernah absen di kotak bumbu dapur sebagian orang. Maklum saja, jahe kerab digunakan sebagai bumbu masakan. Tidak hanya itu, tidak sedikit orang yang sengaja menyeduh jahe dengan air hangat untuk menghangatkan tubuh.

Manfaat jahe bukan hanya sebagai tumbuhan yang bisa menghangatkan tubuh saja. Jahe merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman jahe ini kemudian menyebar ke berbagai negara. Terkenal karena aromanya yang khas, jahe dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di Cina, India, hingga Timur Tengah. Saat memilih jahe terutama jika ingin Anda gunakan untuk pengobatan, Anda dapat memilih jahe yang masih segar, strukturnya kokoh, halus, dan tidak berjamur.

Jahe segar memiliki rasa yang lebih kuat jika dibandingkan dengan jahe bubuk, kandungan gingerol yang baik bagi kesehatan juga masih banyak terdapat pada manfaat jahe segar. Untuk memanfaatkan jahe segar, Anda dapat mencampur jahe dengan masakan seperti masakan olahan seafood, topping salad, dan campuran smoothies atau jus Anda.

Berikut manfaat jahe untuk kesehatan tubuh Anda:

Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengutip dari Kompas.com, jahe mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian. Berdasarkan penelitian, ekstrak jahe bisa menghalangi pertumbuhan beberapa strain patogen saluran pernafasan.

Mengurangi mual dan muntah

Menurut penelitian, salah satu manfaat jahe adalah memang untuk menenangkan dan mencegah mual atau muntah. Bahkan pasien kemoterapi yang biasanya sering mual akan diberikan terapi yang melibatkan jahe.

Mengatasi masalah pencernaan

Secara historis, manfaat jahe adalah untuk menyehatkan sistem pencernaan serta mencegah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti perut kembung, sembelit, atau naiknya asam lambung terkait dengan stres.

Melindungi anda dari Kanker

Dikutip dari hellosehat.com mencegah kanker adalah gingerol, phytonutrient dalam jahe yang juga memberikan rasa pada jahe yang unik. Gingerol dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar. Ada Peneliti yang menguji apakah selain mencegah pembentukan tumor, gingerol juga dapat mencegah penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor. Penelitian tersebut memberikan hasil positif. Gingerol dinilai mampu mencegah penyebaran dan bertambah parahnya sel tumor yang sudah tidak dapat dioperasi.

Batuk kering

Jahe mengandung senyawa aktif dan bersifat antiradang. Artinya, jahe bisa jadi obat batuk kering herbal. Cara mengonsumsi jahe sebagai obat batuk cukup mudah. Anda rebus jahe 20-40 gram ke dalam empat gelas air. Anda rebus jahe sampai mendidih kemudian minum selagi hangat.

Menurunkan kolesterol

Dalam sebuah penelitian menunjukkan jahe mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida di dalam tubuh. Untuk merasakan manfaat tersebut, penderita kolesterol bisa mengonsumsi wedang jahe tanpa gula.

Nah, banyak sekali sebenarnya manfaat dari jahe untuk mendukung kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. Jadi jika kamu sedang menderita penyakit ringan dan bisa disembuhkan dengan jahe, tak ada salahnya kamu mencoba pengobatan herbal tersebut daripada mengonsumsi obat berbahan kimia yang bisa menimbulkan efek samping.

Komentar

Berita lainnya