oleh

Hari Hijab Sedunia : Upaya Mendukung Muslimah dan Mengakhiri Fobia Hijab

Hari Hijab Sedunia merupakan peringatan yang digelar tiap tanggal 1 Februari sebagai bentuk dukungan kepada wanita muslimah diseluruh dunia dalam mengenakan hijab. Peringatan ini pertama kali dicetuskan oleh Nazma Khan yang berbasis di New York, Amerika. Karena pandemi, Peringatan tahun ini diselenggarakan secara virtual pada Senin, 1 Februari 2021 yang akan disiarkan langsung melalui Youtube dan Facebook @WorldHijabDay mulai pukul 08.00-21.15 EST (Waktu Standar Timur).

Terdapat sejumlah pembicara dalam konferensi virtual Hari Hijab Sedunia tahun ini. Diantaranya, penerima penghargaan Forbes 30 Under 30 Batouly Camara, Seorang dokter mata muslimah asal Suriah yang tinggal di Chicago Dr. Rand Diab, Jurnalis muslimah Fatimah Al-Sayed, Model & artis muslimah Afrah Al-Jabouri, Pengacara muslimah Nour Farhat dan masih banyak yang lainnya.

“Kami sangat gembira mengumumkan konferensi virtual Hari Hijab Sedunia 2021 ini, karena kami memiliki muslimah-muslimah luarbiasa dari berbagai belahan dunia dan latar belakang yang berbeda sebagai pembicara,” tulis penyelenggara acara dalam sebuah pernyataan, dikutip melalui laman About Islam, Kamis (28/1).

Dalam islam penggunaan hijab merupakan keharusan bagi seorang muslimah. Kewajiban ini bukan untuk menindas wanita melainkan sebagai identitas agama dan justru untuk melindungi diri dari berbagai kejahatan. Allah Ta’ala berfirman dalam Al-Quran Surat Al-Ahzâb ayat 59 yang berbunyi:

يَاأَيُّهَاالنَّبِيُّ قُلْ لِّأَزْوَجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ الْمُؤْمِنِيْنَ يُدْنِيْنَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَبِيْبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلاَ يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُرًا رَحِيْمًا

Artinya: “Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka! Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenali (menjadi identitas), dan karenanya mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” [QS. Al-Ahzâb: 59].

Pemahaman yang keliru seputar hijab kerap menjadi tantangan yang dihadapi muslimah diseluruh dunia. Untuk itu, Hari Hijab Sedunia tahun ini mengusung tema “Jangan Biarkan Kebanggaan Kami Menjadi Prasangkamu #Akhirifobiahijab.”

“Tema ini sangat relevan saat ini, di mana penggunaan hijab dilarang oleh beberapa negara. Muslimah kerap distigmakan buruk secara fisik maupun verbal. Misi kami adalah menjembatani kesenjangan dengan menciptakan kesadaran, pendidikan, dan pemahaman hijab,” tulis @WorldHijabDay di akun sosial media mereka.

Banyak wanita yang antusias menantikan peringatan yang akan datang tersebut. Mereka membagikan dukungannya kepada muslimah yang mengenakan hijab melalui akun sosial media. (Farhan Ar’Rayyan)

Komentar

Berita lainnya