oleh

Dinkes Depok Kembali Peringatkan Masyarakat Disiplin Prokes

DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok kembali peringatkan masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Dikarenakan saat ini kapasitas rumah sakit rujukan Covid-19 di kota Depok hampir penuh.

Enny Ekasari selaku Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Depok menjelaskan, Kondisi rumah sakit rujukan Covid-19 saat ini hampir penuh meskipun sudah ditambah kapasitasnya, karena pasien yang cukup banyak. Hal ini mengakibatkan terhambatnya penanganan rujukan dari puskesmas ke rumah sakit.

BACA JUGA:  Perolehan PBB Kota Depok Tahun 2020 Lampaui Target

“Perketat protokol kesehatan sebagai pencegahan karena saat ini IGD hampir penuh dan sulit ditangani,” katanya saat memberikan keterangan, mengutip portal berita resmi pemkot Depok, Selasa (12/1).

Enny melanjutkan, tenaga kesehatan yang bertugas di pelayanan kesehatan baik puskesmas ataupun rumah sakit juga mulai kewalahan sehingga dapat menurunkan imunitas yang memicu banyak tenaga kesehatan yang tertular Covid-19.

“Jika nakes terinfeksi dan SDM terbatas, otomatis kemampuan melayani juga berkurang dan berdampak bagi pasien,” tambahnya.

BACA JUGA:  Perolehan PBB Kota Depok Tahun 2020 Lampaui Target

Dengan kondisi yang seperti itu, Enny mengharapkan masyarakat yang tertular Covid-19 harus sabar menunggu antrian rujukan karena terbatasnya fasilitas dan tenaga kesehatan.

Enny juga menghimbau, masyarakat dapat terus menjalankan 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Serta tetap berada di rumah sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran virus corona ini.

Menurut data pusat informasi & kordinasi Covid-19 Kota Depok, Kapasitas pemakaian tempat tidur atau Bed Occupancy Ratio (BOR) di rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Depok, sejak Januari 2021 tercatat tempat tidur di ruang ICU terisi 90,32 persen, sementara di ruang isolasi mencapai 85 persen. Sedangkan angka BOR ideal berada dikisaran 50 sampai 70 persen.

BACA JUGA:  Perolehan PBB Kota Depok Tahun 2020 Lampaui Target

Sementara itu menurut data yang sama, Saat ini di Depok sendiri jumlah kasus terkonfirmasi positif sampai dengan Selasa 12 Januari 2021, telah mencapai 19.824 orang, pasien aktif 3.874 orang, sembuh 15.484 orang dan meninggal dunia 466 orang. (Farhan Ar’Rayyan)

Komentar

Berita lainnya