oleh

Dampak Penggunaan Teknologi dalam Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan

Oleh Sainah (STEI SEBI)

Akuntansi manajemen harus mampu menghadapi tantangan  dan mengikuti perkembangan dan perubahan teknologi manufaktur, teknologi sistem informasi dan persaingan global. Sistem akuntansi manajemen harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan mengadopsinya . hal ini dikarenakan, kemajuan teknologi membawa dampak terhadap perkembangan dunia industri yang menuntut adanya kriteria penilaian kinerja perusahaan untuk mencapai tujuan secara optimal. Kriteria tersebut menyebabkan bidang akuntansi manajemen untuk dapat menyajikan informasi yang di percaya, relevan, tepat waktu, lengkap, dapat dipahami dan teruji dalam rangka pengambilan keputusan manajemen baik strategis maupun taktis

Perkembangan teknologi informasi misalnya komputer, serat optik, satelit memungkinkan untuk memperoleh informasi dari lokasi yang jauh di belahan dunia dalam waktu yang sangat cepat, bermutu tinggi dan biaya murah. Sebagai contohnya banyak penjualan yang di lakukan secara online begitu pula dalam sistem penerapan  akuntansi manajemen lingkungan banyak menggunakan komputer agar memudahkan dalam bekerja, dan bisa mendapatkan hasil yang akurat.

Perubahan lingkungan ekonomi yang dihadapi dewasa ini banyak perusahaan telah menuntut adanya pengembangan terhadap praktik-praktik akuntansi manajemen yang inovatif dan relevan. Tekanan persaingan global telah mengubah lingkungan ekonomi, yang memaksa banyak perusahaan untuk secara dramatis cara mereka mengoperasikan bisnisnya. Sebagai contohnya, kemajuan di bidang teknologi dan proses produksi, yang mengakibatkan dampak pada sistem kalkulasi biaya produk (product costing system), sistem pengendalian (control system), perilaku biaya, daya lacak biaya, dan penganggaran.

BACA JUGA:  Praktis dan Efisien untuk Hiburan di Rumah, Lenovo Hadirkan Ideacentre Mini 5i

Menurut Aubrey C. Daniel dan James E. Daniel (2007:103), terdapat empat makna dampak dari perilaku. dua memperkuat dan dua memperlemah. Dampak perilaku yang terkait dengan penguatan perilaku (positive Reinforcement R+), dan penguatan negatif (negative reinforcement R-).

Kesadaran lingkungan merupakan modal awal atas  komitmen pelestarian lingkungan (peron dkk.,2006; zhang dan Lei, 2012). Akuntan merupakan profesi penyedia informasi bagi pemangku kepentingan harus memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi.

Luca Pacioli, seorang rahib sekaligus ahli matematika dari orde Fransiskan Italia, adalah orang yang menemukan dan memperkenalkan metode tata buku berpasangan (double entry system) pada tahun 1494. Kedudukan Pacioli yang cukup menonjol di antara para ilmuan pada jamannya sangat membantu temuannya. Bahwa temuan Pacioli tersebut merupakan salah satu temuan terbaik manusia pada jamannya. Revolusi industri di inggris yang terjadi pada pertengahan abad delapan belas sampai pertengahan abad sembilan belas berpengaruh besar terhadap perkembangan dan pemanfaatan sistem tata buku berpasangan ini. Revolusi produksi yang mengubah sistem produksi kerajinan rumah tangga menjadi sistem produksi, meningkatnya produktivitas yang luar biasa. Peningkatan produktivitas yang begitu pesat menyebabkan pula peningkatan secara drastis skala usaha dan skala ekonomi. Perubahan drastis ini menyebabkan timbulnya kebutuhan untuk mencatat dan menganalisis berbagai biaya yang semakin beragam dan semakin besar agar dapat di hitung biaya produksi yang lebih akurat.

BACA JUGA:  Praktis dan Efisien untuk Hiburan di Rumah, Lenovo Hadirkan Ideacentre Mini 5i

Perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi yang begitu pesat pada tahun 80-an, menyebabkan tidak terhindarnya kebutuhan terhadap informasi keuangan yang semakin akurat dan semakin cepat. Perkembangan lingkungan teknologi ini menyebabkan ilmu akuntansi dituntut untuk menyesuaikan perkembangan yang ada. Ilmu akuntansi pun memanfaatkan teknologi komputer dalam perkembangan lanjutannya. Sejak menggunakan teknologi komputer, sistem akuntansi dan pelapornya semakin rapi, teratur, semakin cepat dan akurat sehingga kebutuhan informasi keuangan dari berbagai pihak yang membutuhkannya dapat di penuhi secepat yang mereka butuh kan.

Lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat membutuhkan perubahan dalam disiplin ilmu ini, bagaimanapun juga bentuk perubahan yang terjadi sistem informasi akuntansi harus disesuaikan dengan perubahan tersebut agar manajemen senantiasa memperoleh informasi yang sesuai kebutuhan dalam menjalankan fungsi fungsinya.

Dapat di simpulkan maka dampak teknologi dalam penerapan akuntansi manajemen lingkungan ini berdampak positif atau penguatan perilaku (positive reinforcement+R) hal ini di tunjukan dalam perkembangan teknologi informasi dengan sendirinya memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pengembangan peran sistem informasi dari waktu ke waktu. Ada pun keuntungan dari dampak positif menggunakan teknologi terhadap penerapan akuntansi manajemen lingkungan di antaranya:

BACA JUGA:  Praktis dan Efisien untuk Hiburan di Rumah, Lenovo Hadirkan Ideacentre Mini 5i

Teknologi yang ada saat ini sudah menghasilkan reduksi keterlibatan manusia dalam proses transaksi dan pengolahan datanya tanpa batasan jarak. Teknologi surat elektronik(e-mail) misalnya, memungkinkan pengurangan waktu dan biaya penyampaian dokumen bisnis.

Perkembangan yang lebih spesifik berupa EDI (electronic data interchange) dan quick response, real time bahkan memungkinkan komunikasi transaksi terjadi dari komputer ke komputer secara interaktif.

Bagi akuntansi manajemen adopsi perkembangan teknologi yang sesuai merupakan persyaratan untuk memungkinkan sistem informasi akuntansi untuk menghasilkan data dan informasi yang lebih bermutu.

Sejalan dengan kebutuhan mekanisme dalam lingkungan bisnis di mana informasi akuntansi itu akan digunakan. Dari sisi yang lain, perkembangan ruang lingkup suatu organisasi bisnis juga membutuhkan informasi akuntansi manajemen untuk membantu menentukan pilihan teknologi dari sistem informasi yang layak diadopsi oleh organisasi bisnis yang bersangkutan.

 

Referensi

Masiyah kholmi, Akuntansi Manajemen Hal 2

Dr. F. A Gunawan, Dr. Waluyo, Risk based behavioral safety Hal 157

Dr. Ria Sandra Alimbudiono, Dra.Ec.,M.SI.,CSRA, Konsep Pengetahuan Akuntansi Manajemen           Lingkungan

Rudianto,Akuntansi Manajemen: informasi untuk pengambilan keputusan manajemen

L.M. Samryn, SE., AK., M..M., Akuntansi Manajemen: informasi biaya untuk mengendalikan akrtivitas operasi dan investasi.

www.akuntansionline.id

Komentar

Berita lainnya