oleh

Dampak Pencemaran Tanah Terhadap Lingkungan dan Manusia

 

Pencemaran lingkungan sudah menjadi musuh nyata dan masalah ketika adanya aktivitas manusia yang bisa merusak kondisi lingkungan. Pencemaran telah menyerang berbagai aspek seperti pencemaran udara, air, langit, dan pencemaran tanah.

Untuk kasus pencemaran tanah yang kondisinya bisa dibilang memprihatinkan, karena begitu banyak limbah berbahan kimia yang telah tercampur dengan lingkungan tanah yang masih alami seperti sampah non organik yang sangat sulit untuk terurai di tanah. Bahkan telah tertimbun di tanah selama bertahun-tahun lamanya. Jikapun sudah terurai itupun masih menyisakan partikel-partikel sampah non oraganik yang masih tersisa.

Bahkan limbah kimia yang telah tercemar di udara dan air pun bisa berdampak terhadap pencemaran tanah. Contoh jika gas (karbon, nitrogen, blerang) yang menguap lepas ke udara dan akan larut bersama awan kemudian akan terjatuh ke tanah bersamaan dengan turunnya air hujan, setelah itu air akan menyerap ke tanah dan tanah akan tercemar.

Lalu apa saja yang bisa menimbulkan pencemaran tanah terhadap kelangsungan makhluk hidup dan alam?

  • Limbah industri

Limbah ini bisa berupa potongan-potongan kecil plastik, logam, cairan kimia, dan lain-lain.

  • Limbah pertanian

Limbah pertanian bisa ditmbulkan akibat penggunaan pupuk berbahan kimia seperti pupuk urea dan penggunaan pengusir hama seperti pestistida yang bisa menyerap ke tanah.

  • Limbah domestik

Biasanya limbah domestik adalah limbah yang terletak dalam aktivitas pemukiman padat manusia, dan bentuk limbahnya pun bermacam-macam seperti limbah padat seperti plastik, styrofoam, besi, logam dan limbah cair seperti oli, detergen, dan lain-lain.

  • Limbah rumah sakit atau obat-obatan

Untuk limbah rumah sakit perlu kehati-hatian dalam membuang limbah rumah sakit dengan memiliki tempat pembuangan limbah khusus, limbah yang bisa tercampur seperti alat-alat pengobatan dan obat-obatan yang larut bersama tanah.

Dampak apa yang akan ditimbulkan akibat pencemaran tanah?

Dampak yang akan dirasakan terhadap manusia seperti akan terasa pusing kepala, ruam kuit, kerusakan otak dan ginjal. Hal itu biasanya karena telah mengkonsumsi bahan makanan yang sebelumnya telah tercemar dalam tanah.

Kemudian dampak yang akan menyerang terhadap lingkungan yaitu berubahnya metabolisme dan mikroorganisme dalam tanah telah berubah dan akan berakibat rusaknya ekosistem dalam rantai makanan, lalu hasil pertanian yang menurun karena tanah yang terlalu sering terkena bahan kimia. (Affan Fuhaid)

Komentar

Berita lainnya