oleh

Permudah Adminduk dan Cegah Pungutan Liar, Depok Luncurkan Mesin ADM

DEPOK – Untuk memudahkan dan mempercepat masyarakat dalam pengurusan surat administrasi kependudukan (Adminduk). Walikota Depok Muhammad Idris, siang tadi meresmikan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Pusat Perbelanjaan Depok Town Square, Beji, Senin (21/12), seperti yang terlansir dalam situs resmi pemkot Depok.

Penentuan lokasi ini merupakan hasil dari beberapa pertimbangan. Hasilnya, Depok Town Square terpilih sebagai lokasi pemasangan karena terdapat pelayanan publik lainnya. Seperti pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Keimigrasian.

Keunggulan mesin ADM ini adalah mampu mengurus dan mengakses berbagai dokumen dalam satu mesin seperti KTP elektronik, kartu keluarga, surat kematian dan akta kelahiran serta bisa dilakukan secara online dengan mudah di rumah, lalu tinggal cetak melalui mesin ini.

Lebih lanjut, selain mempermudah warganya dalam hal administrasi, mesin ini diklaim mampu mencegah dan menghapus administrasi ilegal, seperti calo dan pungli (pungutan liar).

“Pemerintah pusat memang sudah menginstruksikan gerakan indonesia sadar adminduk (GISA) sebagai salah satu programnya, tujuannya untuk mempermudah dan mempercepat dalam melayani masyarakat dan yang lebih penting tidak ada lagi calo dan tidak ada lagi pungli,” ucap Idris dalam acara peresmian tersebut.

ADM ini merupakan mesin kedua yang ada di pusat perbelanjaan. Sebelumnya ADM sudah terpasang di The Park Sawangan yang diresmikan akhir september lalu. Di tahun 2021, Idris berencana memasang 3 unit lagi sehingga total mesin tersebut menjadi 5 unit yang akan tersebar di Kota Depok.

“Mudah-mudahan di tahun 2021 kita setidaknya memiliki 5 titik yang tersebar di kota Depok,” tambahnya.

Diharapkan kehadiran mesin ini sebagai upaya mendorong pelayanan dokumen kependudukan di Kota Depok menjadi Go Digital serta dapat memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapat pelayanan yang praktis dan mudah.

“Jadi ada ADM ini untuk mengurus dokumen Dukcapil dari rumah praktis dan mudah,” tutupnya. (Farhan Ar’Rayyan)