oleh

Tak Kenal Kata Menyerah! Rafida Sonia Fahrani Owner @Jajanandpk yang Sukses!

Di Era digital saat ini banyak sekali para milenials khususnya Mahasiswa untuk berbisnis online dengan salah satu trend demi mengumpulkan pundi-pundi rupiah, bahkan untuk menambahkan uang jajan serta menompang kehidupan.

Salah satunya Rafida Sonia Fahrani, Mahasiswa Universitas Gundarma ini telah merintis usaha online dari tahun 2017. Dia tidak langsung sukses seperti sekarang. Awalnya dia berjualan skincare dari brand salah satu Negara yang banyak di gandrungi oleh kaum wanita yaitu Korea.

“Pada saat itu skincare korea ini sedang naik daun tetapi lama-kelamaan brand tersebut mulai redup. Karena sudah ada storenya di Indonesia jadi udah mudah banget orang-orang ngedapetinnya” ujar Rafida
Masuk Tahun 2018, dia berfikir untuk berjualan kembali dengan berjualan yang tidak ada masanya. Karena belajar dari pembelajaran sebelumnya, tiba-tiba dia kepikiran untuk berjualan makanan home made. Menurutnya “karena saya juga orangnya suka kulineran, jadi saya coba bisnis makanan. Kalau ngelakuin apa yang diri sendiri suka itu pasti ga berat, malah happy bawaannya, jadilah @jajanandpk.”

BACA JUGA:  Empat UMKM Depok Lolos Seleksi Gerak Pendampingan Jabar Tahun 2020

Di mulai dari nol buka bisnis online dengan modal sisa-sisa uang ongkos kuliah dikumpulin, karna umurnya yang baru 19 tahun saat itu, Rafida tetap berjuang sendirian untuk bisnis @jajanandpk ini.

“bahkan awalnya merintis dari reseller makanan bukan produk sendiri, kalau dihitung-hitung untungnya itu dulu ga seberapa dan capek banget, karena dulu 1 makanan pun kita anterin ke alamat tujuan tanpa ongkir. Kalu dulu mikirnya yang penting nama olshop dikenal dulu dan puny customer” ujarnya.

BACA JUGA:  Diskominfo Depok akan Tambah Wifi Gratis di 320 Titik

Untuk tantangan Rafida sendiri berjualan makanan di online itu harus ada sesuatu yang berbeda, harus mengikuti zaman, apa yang sedang trend dikalangan masyarakat agar membuat pelanggan juga tertarik untuk membeli dan juga sebagai penjual online kita harus membuat video dan foto semenarik mungkin biar customer penasaran dan order.

Jajanan Depok atau @jajanandpk ini setiap bulan atau tahunnya pasti mengeluarkan produk baru, Jadi memang tujuannya mengikuti zaman. Makanan apa yang sedang banyak di cari dan bikin penasaran untuk order. Untuk saat ini @jajanandpk menjual salad buah berbagai macam varian mayo, banoffee, sticky rice, corndog, corncake dan yang sekarang lagi banyak orang cari yaitu cimol leleh. Jika kalian penasaran makanannya seperti apa bisa lihat di instagramnya yaitu di @jajanandpk.

BACA JUGA:  Jum'at, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok Terpilih Dilantik

Terakhir Rafida juga memberikan tips untuk kalian yang baru ingin memulai bisnis online kalian jangan tunda-tunda karna kalau bisa dimulai hari ini ya mulailah. Kita tidak tahu beberapa tahun yang akan mendatang pasti kalian sudah menikmati hasil dan tidak sesusah saat ini.menikmati dalam artian online shop kalian sudah dikenal banyak orang dan sudah mempunyai customer di dalam maupun di luar kota. Jangan pernah takut akan hal baru, kreatif adalah kunci utama kalian dalam berbisnis online. Tetap berusaha, berdoa, berbagi kepada sesama dan bahagiakan orang tua. (Safira)

Komentar

Berita lainnya