oleh

Peringati Hakordia, KPK Ajak Elemen Bangsa Tumbuhkan Budaya Antikorupsi

JAKARTA – Dalam acara Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2020 yang disiarkan melalui channel youtube resminya kemarin (16/12), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajak seluruh elemen bangsa untuk ikut serta dalam menumbuhkan budaya antikorupsi di Indonesia, karena korupsi bukan hanya masalah KPK tetapi masalah negara bahkan dunia.

Elemen bangsa yang dimaksud adalah semua pihak, tanpa kecuali. Mulai dari pemerintah, pejabat, aktivis, budayawan, akademisi, pengusaha, pemuka agama, para pemuda, masyarakat sipil dan seluruh rakyat Indonesia.

Dilansir dari situs resmi KPK, KPK menyadari bahwa membangun budaya antikorupsi merupakan suatu proses perjuangan panjang. Pemerintah pun harus melakukannya secara berkelanjutan dengan komitmen yang kuat. Untuk itu KPK memulainya dengan cara mengambil langkah awal yaitu membangun kesadaran diri sendiri untuk berperilaku antikorupsi.

BACA JUGA:  Korlantas Polri Luncurkan Aplikasi Pembuatan SIM Online "SINAR"

Presiden Joko Widodo yang hadir memberikan sambutan dalam peringatan Hakordia 2020 tersebut mengatakan upaya pemberantasan korupsi membutuhkan konsistensi dan kegigihan yang sungguh-sungguh.

“Selain pengawasan yang melibatkan lembaga negara, partisipasi publik juga sangat penting untuk mengawasi kinerja pemerintah,” ujar Jokowi dalam sambutannya secara virtual, Rabu (16/12).

Pernyataanya pun sejalan dengan tema Harkordia tahun ini, yaitu “Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Antikorupsi”.

BACA JUGA:  BRI Raih 7 Penghargaan Bergengsi Dalam Sepekan

Sementara itu Ketua KPK Firli Bahuri berpendapat, tema tersebut sangat senada dengan semangat memberantas korupsi yang di dukung oleh segenap elemen bangsa yang sadar akan bahaya korupsi.

“Sehingga diharapkan budaya antikorupsi akan tumbuh kembang di seluruh elemen masyarakat dan segenap anak bangsa,” kata Firli dalam sambutan Hakordia 2020 di Gedung Penunjang Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (16/12).

BACA JUGA:  KKP Maksimalkan Pelayanan Informasi Publik Lewat Layanan Digital PPID Terintegrasi

Firli melanjutkan, KPK ingin berkomitmen kuat dan bekerja sama dengan segenap pihak dalam pemberantasan korupsi serta melibatkan masyarakat secara aktif dalam menanamkan nilai-nilai antikorupsi. Sehingga pencegahan dapat dilakukan.

“Marilah kita sama-sama menguatkan tekad dan komitmen untuk terus melakukan pemberantasan korupsi,” jelas Firli.

Melalui momentum tersebut KPK ingin membangkitkan kesadaran masyarakat bahwa korupsi bukan budaya yang baik melainkan kejahatan laten. (Farhan Ar’Rayyan)

Komentar