oleh

Pemerintah Mulai Pasang Jaringan 5G Tahun Depan

Menteri Komunikasi dan Informatika, Jhonny G. Plate mengungkapkan, pemerintah akan memasang jaringan 5G di Indonesia mulai tahun depan.

Untuk permulaan, jaringan 5G ini akan dipasang secara berkala di sejumlah wilayah yang dinilai sudah siap.

Kawasan industri, pariwisata dan kota-kota mandiri merupakan titik-titik prioritas yang dinilai sudah siap secara ekosistem.

Namun Jhonny belum mengatakan secara detail daerah mana saja yang siap untuk pemasangan jaringan 5G ini.

BACA JUGA:  Telkom Gunakan Teknologi AI Super Komputer NVIDIA DGX A100 yang Pertama di Indonesia

“Untuk penentuan wilyahnya tentu sangat tergantung pada kelayakan ekosistem yang mendukung investasi di tempat tersebut,” ucap Jhonny, dalam pembicaraan Kaleidoskop 2020 & Outlook 2021 yang disiarkan melalui kanal Youtube Kominfo, Rabu (30/12/2020).

Lebih lanjut, selain menyiapkan infrasturktur berupa spektrum, Kominfo juga akan mempertimbangkan pilihan teknologi 5G yang terbaik untuk Indonesia.

“Pemilihan teknologi yang tepat dan baik, akan betul-betul menjadi perhatian dan pertimbangan kita,” ujar Menkominfo tersebut.

BACA JUGA:  Menperin Optimistis Ekonomi Tumbuh 5,5 Persen Tahun 2021

Seperti yang diketahui, baru-baru ini pemerintah telah membuka lelang Pita Frekuensi untuk jaringan 5G. Ada tiga operator yang berhasil menang dalam pelelangan frekuensi tersebut, yakni Tri, Smartfren dan Telkomsel. Sehingga operator yang belum menang, harus menunggu lelang berikutnya agar bisa menggunakan jaringan ini.

Selain itu, untuk mepercepat pembangunan 5G di Indonesia, pemerintah berencana melakukan migrasi televisi dari analog ke digital. Televisi digital dinilai lebih hemat frekuensi, sehingga penghematan tersebut bisa digunakan untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas.

BACA JUGA:  Jokowi Tegaskan Kepada Seluruh Jajarannya untuk Mengawal Penyaluran Bansos

“Ini untuk membuka ruang percepatan pembangunan 5G di Indonesia dan dapat meningkatkan kualitas layanan mobile broadband dan seluler di tanah air,” ujar Ismail, Direktur Jenderal SDPPI Kominfo di acara yang sama. (Farhan Ar’Rayyan)

Komentar

Berita lainnya