oleh

Manfaat Berpikir Positif dalam kehidupan

Dalam salah satu hadistnya, Rasulullah juga menjelaskan tentang anjuran untuk berpikir positif. Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda: “Jauhkanlah dirimu dari prasangka buruk karena sesungguhnya prasangka buruk itu adalah perkataan yang paling bohong,” HR. Muttafaq ‘Alaih. Perlu di ketahui memiliki kebiasaan berpikir positif ternyata sangat bermanfaat di dalam kehidupan. Dengan berpikir positif, pandangan anda akan lebih terbuka untuk menerima kenyataan hidup. Berpikir positif juga membuat hidup berkembang menjadi lebih baik. Berpikir positif membuat anda menemukan rasa nyaman, bahagia dan tentram. Dorongan psikologis mampu meningkatkan motivasi anda untuk melakukan suatu tindakan.

Individu yang berpikir positif akan mendapatkan hasil yang positif dan individu yang berpikiran negatif akan mendapatkan hasil negatif (Peale, 2006). jika anda mencoba berpikir positif, bahwa anda akan mampu mengerjakan tugas dengan penuh semangat, anda akan merasa lebih tenang dan ringan. Selain itu, seseorang yang berpikiran positif akan memiliki keinginan yang kuat untuk mewujudkan potensinya secara penuh.

Islam telah menaruh perhatian besar akan perkembangan berpikir manusia dengan menyerukannya untuk mengamati semua yang ada di langit dan di bumi, mengamati diri sendiri, mengamati semua makhluk-Nya. Allah SWT pun telah menjelaskan pentingnya proses berpikir positif dalam kehidupan manusia. Anjuran untuk bersikap Khusnudzon (berbaik sangka atau berpikir positif) kepada-Nya telah tertuang dalam firman Allah yang berbunyi:

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka. Sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang” (Q.S Al-Hujurat ayat 12).

Dengan menanamkan sikap berpikir positif, anda akan menemukan kebahagiaan dan ketenangan dalam setiap aktivitas yang anda jalani. Segala hal yang ingin anda lakukan sebenarnya sudah ada di dalam otak. Tinggal bagaimana anda merespon apa yang diperintahkan oleh otak anda. Hanya saja, terkadang anda ragu dengan apa yang anda pikirkan. Padahal selain sebagai pengendali utama tubuh, otak juga bisa bertindak sebagai motivator. Apa yang diperintahkan otak, itulah yang akan terjadi. (Safira)

Komentar