oleh

Mahasiswa UI Sosialisasikan Rumah Sehat di Masa Pandemi

Mila Camelia.

Sekelompok mahasiswa FKM UI, program studi Kesehatan Lingkungan, melakukan sosialisasi mengenai rumah sehat kepada warga Desa Kadumangu, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

Pandemi Covid-19 membuat masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, namun di dalam rumah terus-menerus tidak menjamin kondisi kesehatan seseorang. Faktanya, beberapa penelitian membuktikan bahwa kondisi rumah yang tidak sesuai dengan standar kesehatan dapat menjadi salah satu faktor timbulnya berbagai penyakit, seperti penyakit pernapasan dan penyakit pencernaan1,2,3.

Rumah dapat dikategorikan sebagai rumah sehat jika memenuhi kriteria sehat dalam komponen bangunan, sarana sanitasi, dan perilaku penghuni4. Berdasarkan survei daring yang dilaksanakan pada akhir Agustus 2020, beberapa rumah masyarakat di Desa Kadumangu RW 03 masih belum memenuhi syarat rumah sehat5. Hal ini mendorong mahasiswa Kesehatan Lingkungan UI untuk melakukan sosialisasi mengenai pentingnya rumah sehat, syarat rumah sehat, serta bagaimana masyarakat dapat membuat dan mempertahankan keadaan rumahnya tetap sehat. Kegiatan sosialisasi ini disebut dengan ROEMANSA: Roemah Aman dan Sehat.

Sosialisasi dilakukan melalui grup Whatsapp dengan bantuan kader kesehatan dan petugas puskesmas setempat, dalam grup ini mahasiswa memberi penjelasan mengenai rumah sehat melalui tulisan, gambar, dan video. Masyarakat yang bergabung dalam grup juga memiliki kesempatan untuk bertanya tentang rumah dan lingkungannya kepada mahasiswa, sehingga terjadi komunikasi dua arah antar mahasiswa dan masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, masyarakat aktif bertanya setelah pemaparan materi sosialisasi mengenai rumah sehat. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat antusias dan menyadari betapa pentingnya menjaga kondisi rumah agar tetap sehat. Selain itu, masyarakat yang berpartisipasi juga diberi beberapa pertanyaan mengenai rumah sehat sebelum dan sesudah sosialisasi, hal ini dapat digunakan untuk menilai tingkat pengetahuan mereka mengenai rumah sehat.

Salah satu masyarakat Desa Kadumangu yang mengikuti sosialisasi ROEMANSA mengaku terkesan dan terbantu dengan adanya kegiatan ini, “Saya sangat terkesan dengan adanya grup sosialisasi dengan kakak-kakak mahasiswa, karena materinya sangat mudah dipahami dan serunya lagi kita dapat bertanya secara langsung mengenai lingkungan sekitar kita. Jadi, dengan kata lain kami sangat terbantu dengan materi-materi tersebut.” ujar Yuni, setelah sosialisasi selesai. (Mila Camelia)

Komentar

Berita lainnya