oleh

Komunitas Muslim Kanada Bantu Tunawisma Lewati Musim Dingin

YELLOWKNIFE – Dalam menghadapi cuaca yang sangat dingin di Yellowknife, Ibu kota Wilayah Barat Laut Kanada, Komunitas muslim setempat membantu menyediakan pakaian hangat dan lingkungan yang nyaman bagi para tunawisma untuk melewati cuaca ekstrem tersebut.

Gerakan filantropi ini adalah hasil kerja sama antara lembaga Islamic Center of Yellowknife dan Islamic Relief Canada yang diselenggarakan untuk tahun kedua.

“Ini adalah bagian dari kampanye nasional yang kebanyakan mereka lakukan di Kanada bagian selatan. Tapi dua tahun terakhir kami bermitra dengan mereka dan berhasil mendapat sponsor di Utara, ”kata Nazim Awan Ketua Islamic Center of Yellowknife, dikutip dari About Islam, Jum’at (25/12).

BACA JUGA:  Dokter Muslim Asal Amerika Bebaskan Biaya 200 Pasien Kanker
isi paket perlengkapan musim dingin. (Graham SIskov)

Awan mengatakan, pihaknya menyiapkan 400 paket perlengkapan musim dingin yang terdiri dari topi musim dingin, sarung tangan, kaus kaki dan selimut tebal. Mereka juga banyak dibantu oleh para relawan yang ikut tiap akhir pekan.

Ia melanjutkan, Relawan mulai mengirimkan paket tersebut  pada hari Senin ke berbagai badan amal termasuk program van Yellowknife Street Outreach, Native Women Society dari NWT dan komunitas sekitarnya Dettah, Ndilo dan Behchokǫ̀.

BACA JUGA:  Awal Tahun, ACT Kembali Aktivasi Humanity Care Line

“Senang dan memuaskan bahwa kami membuat perubahan dalam hidup seseorang,” lanjut Awan.

direktur eksekutif YWCA, Hawa Dumbuya-Sesay menjelaskan, ini merupakan hak orang yang kurang mampu untuk mendapatkan bantuan dari orang yang mampu. Dalam islam perbuatan ini dikenal dengan sebutan zakat atau sedekah yang merupakan salah satu rukun islam yang diwajibkan. Karena itu perbuatan yang kami lakukan terinspirasi dari ajaran islam.

BACA JUGA:  Awal Tahun, ACT Kembali Aktivasi Humanity Care Line

“Kami memang memiliki banyak program yang mendukung keluarga yang membutuhkan. Ini akan membuat perbedaan besar pada musim dingin ini, ”ujar Hawa.

Setiap tahunnya, musim dingin adalah waktu yang sulit bagi para tunawisma dan orang yang sulit tidur. Tahun ini, perjuangan itu semakin parah akibat pandemi virus corona. Untuk itu sudah merupakan kewajiban kita untuk membantu sesama. (Farhan Ar’Rayyan)

Komentar

Berita lainnya