oleh

Kadis Kominfo Ingin Ada Sentuhan Teknologi pada Penghitungan Suara Pilkada

DEPOK – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo), Kota Depok, Sidik Mulyono memonitoring Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilkada Depok 2020 Tingkat Kecamatan Cimanggis, Kamis (10/12/20). Dalam kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan rapat pleno rekapitulasi di tingkat kecamatan tersebut berjalan aman dan lancar.

“Hari ini di Kecamatan Cimanggis sedang merekapitulasi hasil penghitungan suara untuk empat kelurahan,” tutur Sidik Mulyono kepada wartawan di sela -sela kegiatan di kantor Kecamatan Cimanggis.

BACA JUGA:  Bursa Kerja Depok 2021 Akan Digelar Virtual

Dia menjelaskan, empat kelurahan yang dimaksud adalah Cisalak Pasar, Tugu, Harjamukti dan Curug. Kemudian, besok akan dilakukan penghitungan suara Kelurahan Mekarsari dan Pasir Gunung Selatan.

“Proses rekapitulasi surat suara ini dilakukan secara manual. Sebaiknya, ke depan harus ada sentuhan teknologi pada proses tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sidik Mulyono menjelaskan, pada penghitungan manual tingkat kepercayaan tinggi, namun memerlukan waktu yang lama. Oleh sebab itu, diperlukan sentuhan teknologi yang sama-sama disepakati, handal, dan terpercaya untuk mengefisienkan waktu.

BACA JUGA:  Pelantikan Idris-Imam Ditunda, Kursi Wali Kota Dijabat Sekda

Menurutnya, salah satu alternatif yang menarik untuk dikaji adalah teknologi block chain. Yaitu dengan prinsip desentralisasi, yang memungkinkan pihak penyelenggara pemilu yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan para saksi partai politik memiliki data yang sama.

“Semoga Pilkada Depok 2020 ini partisipasi masyarakat meningkat, walaupun di tengah situasi Covid-19. Selain juga tidak tercipta klaster baru,” pungkasnya. []

Komentar

Berita lainnya