oleh

Edukasi Protokol Kesehatan Lewat Mural, Ingatkan Pandemi Belum Usai

DEPOK – Ketua Forum Kota Depok Sehat, Elly Farida mengapresiasi inovasi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mengedukasi masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan. Inovasi yang dilakukan Pemkot ialah penggunaan lukisan mural sebagai media dalam menyampaikan pesan-pesan tersebut.

“Kita tahu pandemi Covid-19 belum usai, maka perlu upaya inovatif yang dilakukan Pemkot Depok dalam mengedukasi masyarakat, salah satunya melalui mural ini. Untuk itu saya mengapresiasi hal tersebut,” jelas Bunda Elly, sapaan akrabnya, di Balai Kota Depok, Rabu (16/12/20).

Menurutnya, selama ini mural menjadi daya tarik tersendiri karena gambar dan pesannya mudah diingat oleh masyarakat dibanding komunikasi secara verbal. Selain itu, mural juga sebagai pengingat agar tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19.

BACA JUGA:  Dinkes Depok Kembali Peringatkan Masyarakat Disiplin Prokes

Bunda Elly menambahkan, kini di setiap sudut Balai Kota Depok sudah dipenuhi pesan-pesan edukasi tentang kesehatan. Seperti Stop Penyebaran Covid-19, Pakai Masker Saat Berpergian, Mencuci Tangan Pakai Sabun dan pesan-pesan lainya.

“Saya juga mengimbau kepada warga Depok untuk tetap menerapkan 3 M. Yaitu menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak. Serta, jaga imun dan aman,” tandasnya.

Koordinator Komunitas Mural Depok, Ray Andre mengatakan, pihaknya diminta oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok untuk melukis mural yang berisi pesan edukasi protokol kesehatan di tiga lokasi. Antara lain dinding lobi gedung Dibaleka 2, dinding jalan pintu keluar Balai Kota dan tangga darurat Dinkes Depok lantai 3.

BACA JUGA:  Perolehan PBB Kota Depok Tahun 2020 Lampaui Target

“Yang terpanjang mural di dinding jalan pintu keluar Balai Kota Depok sepanjang 100 meter. Pembuatan mural di lokasi ini dilakukan selama tiga hari, mulai dari tanggal 14-16 Desember 2020,” tuturnya kepada wartawan di Balai Kota Depok, Rabu (16/12/20).

Dia menjelaskan, sebelum membuat mural pihaknya sudah memiliki desain gambar yang akan dibuat. Namun, pada saat pengerjaan akan dilakukan improvisasi untuk mempercantik dan memperhalus mural tersebut.

BACA JUGA:  Perolehan PBB Kota Depok Tahun 2020 Lampaui Target

“Hingga kini, tidak ada kendala dalam pengerjaan selain karena hujan. Pengerjaan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Terakhir, ia berharap ke depan Pemkot Depok dapat terus merancang inovasi lain dengan sentuhan milenial di lingkungan Balai Kota. Dengan begitu masyarakat bisa lebih nyaman beraktivitas di kantor pemerintahan tersebut.

“Balai Kota Depok punya taman yang bagus di dekat dinding sepanjang 100 meter yang sedang dilukis mural. Maka untuk lebih memperindah bisa dibangun jogging track di samping taman tersebut. Agar warga bisa memanfaatkan di akhir pekan,” pungkasnya. []

Komentar

Berita lainnya