oleh

Rajin Sedekah, Muslim Indonesia Dinobatkan Paling Dermawan Sedunia

JAKARTA – Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh World Giving Index menyebutkan bahwa muslim di Indonesia merupakan muslim yang paling dermawan di dunia. Hal tersebut dikemukakan oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, Tarmizi Tohor dalam sebuah acara Dialog Isu-isu Kebimasislaman dengan Praktisi Media Tahap II, di Aston kartika hotel, Jakarta, dikutip dari sindo, Jum’at (18/12/2020).

“Hasil dari penelitian yang dilakukan World Giving Index ternyata muslim di Indonesia ini paling dermawan di seluruh dunia,” jelasnya dalam dialog tersebut.

BACA JUGA:  Jokowi Tegaskan Kepada Seluruh Jajarannya untuk Mengawal Penyaluran Bansos

Tarmizi pun memberikan contoh sederhana mengapa muslim Indonesia merupakan muslim paling dermawan di dunia. Yaitu ketika di setiap lampu merah pasti ada orang yang besedekah meskipun sudah dilarang oleh peraturan daerah.

“Padahal Pemerintah kota atau kabupaten sudah melarang memberi sejumlah uang di lampu merah karena itu berbahaya bagi keselamatan orang lain. Itu merupakan salah satu contoh sederhana mengapa muslim Indonesia menjadi yang paling dermawan di dunia dibandingkan negara lain,” katanya.

Contoh lain yang membuktikan muslim Indonesia merupakan muslim paling dermawan adalah banyaknya Lembaga Amil Zakat dengan total 539 lembaga yang merupakan terbanyak di dunia. Dengan lembaga sebanyak itu tentu saja memiliki potensi yang sangat tinggi.

BACA JUGA:  Menperin Optimistis Ekonomi Tumbuh 5,5 Persen Tahun 2021

“Potensi zakat nasional sebanyak 180 triliun sampai 233 triliun setiap tahunnya,” ungkap Tarmizi.

Selain itu, wakaf di Indonesia pun merupakan yang terbesar di dunia. Tarmizi mengatakan luas tanah wakaf di Indonesia lebih dari 522 juta meter persegi. Tanah wakaf tersebut dipergunakan sebagai fasilitas umum seperti masjid, mushola, pesantren, sekolah, makam dan fasilitas lainnya.

BACA JUGA:  Awal Tahun, ACT Kembali Aktivasi Humanity Care Line

“Luas wakaf yang ada di Indonesia lebih dari 552 juta meter persegi lebih tepatnya +552.517.500 meter persegi terbagi di 390.241 titik,” ujar Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama tersebut.

“Oleh sebab itu, wakaf kita yang paling luas di dunia. Saya pernah ke Tunisia tetapi tidak ada yang mengerti tentang tanah wakaf. padahal, di Indonesia setiap daerah pasti ada tanah wakafnya,” tutupnya. (Farhan Ar’Rayyan)

Komentar

Berita lainnya