oleh

Viral Soal Benih Lobster, Harga Lobster Melambung Tinggi

Republik Indonesia dikenal sebagai salah satu negara eksportir lobster terbesar di Dunia, karena wilayah maritimnya sangat luas dan didominasi oleh terumbu karang yang merupakan habitat terbaik untuk berbagai jenis lobster.

Komoditas ini sangat terkenal dikalangan pecinta makanan laut. Jika dibandingkan dengan jenis udang lainnya, lobster memiliki citarasa yang gurih dan daging yang lebih empuk. Lobster merupakan makanan yang biasa dikonsumsi kalangan menengah atas dan banyak disajikan di restoran atau hotel berbintang.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis Lobster yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat, diantaranya adalah lobster Mutiara, lobster Bambu, lobster batik, lobster pasir dan lobster batu.

Setelah viral persoalan benih lobster kemarin, banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk mencoba hewan bercangkang keras ini. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya permintaan lobster di berbagai daerah, terlebih lagi dekatnya event-event akhir tahun. Harga lobster naik secara signifikan, seperti harga lobster bambu yang saat ini mencapai Rp 1,2 juta per kg sebelumnya hanya Rp 750 ribu per kg.

“lobster bambu biasanya dijual Rp 750 ribu per kg tetapi akhir-akhir ini Rp 1,2 juta, lobster batik biasanya Rp 800 ribu kg menjadi Rp 900 ribu, dan lobster mutiara paling mahal apalagi kalau ada event-event tertentu seperti Imlek, Natal dan lainnya,” kata Rianta Pratiwi, Pakar Udang-udangan Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam acara Sapa Media #6 dengan tema Memahami Potensi Lobster dari Perspektif Kelautan dan Sosial, Senin (30/11).

Karena memiliki potensi nilai gizi yang tinggi, komoditas lobster tidak hanya mendominasi pasar nasional, tetapi juga internasional. Lobster juga komoditas yang memiliki harga paling tinggi dibandingkan sektor perikanan lainnya. Tentu ini sangat membantu kesejahteraan masyarakat nelayan.

Rianta mengatakan lobster yang memiliki nilai jual tinggi adalah lobster pasir, lobster mutiara, lobster bambu dan lobster batik.

“Harga lobster dipengaruhi oleh kualitasnya,” ujarnya. (Farhan Ar’Rayyan)

Komentar

Berita lainnya