oleh

Pentingnya Menjaga Kebersihan Tangan

Di masa pandemi ini kita harus memperhatikan kebersihan tangan kita dengan baik. Mulai dari mencuci tangan setiap pulang dari luar rumah, mencuci tangan saat berada di tempat umum, lalu juga mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan. Mungkin bayak orang bertanya mengapa kita harus mencuci tangan, kita harus sering mencuci tangan kita karena ada sejumlah virus dan bakteri Yang dapat hidup di permukaan benda dalam waktu yang lama dan tangan kita merupakan jalur utama untuk menyentuh bakteri dan virus tersebut, lalu masuk ke dalam tubuh kita. Inilah sebabnya cuci tangan menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Walaupun kita merasa tangan kita bersih, masih ada kemungkinan bahwa bakteri dan virus masih melekat di tangan atau benda benda sekitar kita, karena bakteri dan virus tidak bisa kita lihat dengan kasat mata. Maka dari itu kita harus benar-benar menjaga kebersihan tangan kita.

BACA JUGA:  Kemudahan Informasi dan Kecenderungan Mendiagnosa Diri Sendiri

Jika kita tidak sering mencuci tangan, ada banyak hal yang bisa terjadi kepada kita yaitu terkena penyakit seperti, mudah pilek, diare, keracunan makanan, hepatitis A, terinfeksi bakteri E.Coli, dan beberapa penyakit lainnya. Bukan hanya di masa pandemi ini, kita memang harus rajin mencuci tangan karena memang dengan rajin mencuci tangan kita dapat menjaga tangan kita agar terhindar dari virus dan bakteri yang bisa merusak tubuh kita.

Banyak orang yang menyepelekan mencuci tangan namun ada seorang pelajar bernama Anne, dia jarang mencuci tangan karena dia malas dan bahkan kadang tidak mencuci tangannya setelah ataupun sebelum makan, alhasil dia terkena penyakit diare yang cucup lama dan immune tubuhnya menjadi lemah karena lemas.

BACA JUGA:  Mengawali Hidup Sehat dengan Gratis

Anne lalu dibawa ke dokter dan diberi obat, setelah itu Anne selalu mencuci tangannya setiap hari, sebelum makan dan sesudah makan, setiap habis bepergian ataupun sebelum bepergian, bahkan dia selalu membawa sabun cuci tangan kemanapun ia pergi karena Anne telah merasakan sendiri kerugian dari jarangnya mencuci tangan karena malas.

Berikut adalah cara mencuci tangan dengan baik dan benar agar kita tidak terkena penyakit yang tidak diinginkan. Pertama, gosok telapak tangan kanan kita dengan telapak tangan kiri karena biasanya di telapak tangan kita tersapat banyak banyak kuman. Kedua, gosok telapak kanan di atas punggung tangan kiri dan sebaliknya. Ketiga,gosok telapak tangan kanan dan kiri dengan jari yang saling terkait. Keempat,putar punggung jari tangan kanan kita dan gosok ke telapak tangan kiri lalu sebaliknya. Kelima, gosok jempol kanan dengan memutar oleh tangan kiri dan sebaliknya. Keenam, satukan semua jari tangan kanan lalu gosokkan ke telapak tangan kiri dan lakukan sebaliknya. Itulah cara kita mencuci tangan dengan baik da benar, kita harus membiasakan mencuci tangan agar terhindar dari penyakit dan tetap sehat selalu, jadi jangan lupa mencuci tangan yaa.

BACA JUGA:  Vaksin Covid-19 Sinovac: Apakah Aman?

 

*Caren Dilraj Kaur

Komentar

Berita lainnya