oleh

Jabar Luncurkan Program Rumah Subsidi untuk Guru

DEPOK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat meluncurkan Program Bakti Padamu Guru (Bataru) bertepatan dengan peringatan Hari Guru nasional (HGN) Tahun 2020 dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-75. Melalui program ini, pihaknya akan menyediakan rumah subsidi bagi para guru di Jabar.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, Program Bataru merupakan bantuan penyediaan rumah subsidi untuk guru yang disiapkan Dinas Pendidikan Jawa Barat. Hal ini sebagai upaya memenuhi kebutuhan tenaga pendidik yang belum memiliki rumah.

BACA JUGA:  Dinkes Depok Kembali Peringatkan Masyarakat Disiplin Prokes

“Rumah subsidi ini bisa dimanfaatkan untuk guru, penjaga sekolah, tata usaha, dan semua yang berada di lingkungan sekolah,” katanya kepada berita.depok.go.id, saat ditemui di Sekolah Cakra Buana, Pancoran Mas, Rabu (25/11/20).

Dijelaskannya, tahap pertama pihaknya menyediakan sebanyak 20 ribu unit rumah. Seluruhnya tersebar di 17 titik di kabupaten/kota se-Jawa Barat.

BACA JUGA:  Perolehan PBB Kota Depok Tahun 2020 Lampaui Target

“Kami bekerja sama dengan Bank Jabar Banten (BJB) dan developer lokal agar memfasilitasi mimpi besar cita-cita para guru. Sekaligus meningkatkan kesejahteraan guru,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Depok, Dedi Supandi menambahkan, Kota Depok juga masuk dalam program tersebut. Dikatakannya, pertengahan Desember 2020 akan dilakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembagunan rumah subsidi tersebut.

BACA JUGA:  Dinkes Depok Kembali Peringatkan Masyarakat Disiplin Prokes

“Alhamdulillah perizinannya sudah selesai, tinggal komitmen perbankan dengan pihak pengembang,” tambahnya.

Namun demikian, tuturnya, terdapat sejumlah syarat yang ditetapkan. Yaitu dikhususkan bagi guru yang berpenghasilan di bawah Rp 8 juta dan belum memiliki rumah. []

Komentar

Berita lainnya