oleh

Islam Lahirkan Generasi Gemilang

Oleh: Syahra Amaniy Shofa, Anggota Komunitas Muslimah Menulis Depok

Syahra Amaniy Shoffa

Sistem Islam nyatanya telah berhasil melahirkan pemuda-pemudi/generasi yang mampu membawa perubahan bagi dunia, baik pada zaman yang telah berlalu hingga zaman sekarang. Generasi-Generasi terbaik pada masa lalu adalah generasi yang terbentuk dari tatanan kehidupan yang agung.

Tatanan kehidupan yang agung adalah suatu kehidupan yang senantiasa mengikuti aturan Allah SWT, yang menjadikan syariat Islam sebagai problem solver dalam kehidupannya. Dari tatanan kehidupan yang agung inilah akan melahirkan pemuda dan pemudi yang gemilang.

BACA JUGA:  Untuk Apa Kuliah Kita?

Namun, untuk melahirkan generasi Islam yang gemilang, tentu tidaklah mudah dan harus menempuh sebuah proses. Adapun caranya adalah: Pertama, adanya ketakwaan pada tiap individu.
Kedua, mereka (pemuda-pemudi) senantiasa menyadari pentingnya berdakwah. Mereka senantiasa menyeru amar ma’ruf nahi mungkar.

Ketiga, terdapat penerapan aturan hukum Islam dalam berbagai bidang kehidupan oleh negara.
Jika ketiga hal tersebut telah terpenuhi, maka akan dapat melahirkan pemuda-pemudi yang berkepribadian yang luar biasa. Seperti halnya Muhammad Al-Fatih (Sang penakluk Kota Konstantinopel), Thariq Bin Ziyad (Panglima yang menaklukkan Spanyol), Abbas bin Firnas (Ilmuwan dan sang penemu pesawat terbang) dan tentunya masih banyak generasi Islam lainnya yang luar biasa. []

Komentar

Berita lainnya