oleh

Banyak Film yang Batal Rilis, Sutradara ini Yakin 2021 Industri Film akan Lebih Baik

Pandemi virus corona yang mewabah di Dunia hampir 1 tahun ini belum mencapai titik terang. Akibatnya, tak sedikit kegiatan yang sudah dijadwalkan terganggu bahkan dibatalkan. Salah satunya dalam Industri Perfilman. Banyak Film Dunia yang di tunda produksi atau perilisannya karena virus mematikan tersebut.

Tak terkecuali Industri film Indonesia. Film berjudul ‘KKN di Desa Penari’ misalnya. Film ini berkisah tentang sekelompok mahasiswa yang melakukan KKN di sebuah desa dan diadaptasi dari sebuah cerita viral di media sosial. Jika tak ada Covid-19, Film ini akan tayang pada tanggal 19 Maret lalu. Namun sampai saat ini, Rumah Produksi film tersebut belum mengumumkan kembali kapan film tersebut rilis.

Selain kendala saat proses produksi dan perilisan, masih banyak Bioskop di Tanah Air yang masih tutup. Pemerintah menutup Bioskop sejak tanggal 23 April lalu. Hingga saat ini, ada beberapa Bioskop yang mulai Uji Coba untuk dibuka, Namun relatif masih sedikit. Akibatnya tahun ini hanya sekitar 30 judul film baru Indonesia yang tayang. Jumlah tersebut menurun drastis dibanding tahun lalu, yakni sekitar 130 judul film baru.

Meskipun ditengah merosotnya Industri Perfilman. Angga Dwimas Sasongko, Sutradara sekaligus Pendiri Visinema Pictures ini tetap optimis dengan mempersiapkan beberapa film untuk tahun depan. Angga yakin di tahun 2021 Perfilman Indonesia perlahan akan membaik.

“Kita belajar dari beberapa kali krisis lalu yang malah membawa gelombang besar untuk dunia entertainment. ini yang saya percaya di tahun 2021,” Ucap Angga dalam sebuah pertemuan Virtual Rabu lalu.

lewat Kementerian Periwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF), Pemerintah pun mendukung penuh pelaku Industri Kreatif untuk kembali berkarya di tengah Pandemi Covid-19, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada. Hal ini disampaikan oleh Direktur Ekonomi Kreatif, Film, Televisi dan Animasi KEMENPAREKRAF RI, Syaifullah, saat sedang mengisi sebuah acara di Kota Pariaman Senin lalu.

(Farhan)

Komentar

Berita lainnya