oleh

Awal Musim Hujan Warga Depok Diminta Waspada Kemunculan Ular di Perumahan

DEPOK – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok kembali berhasil mengamankan tiga ekor ular di pemukiman warga. Ular-ular tersebut ditangkap di dua tempat yang berbeda.

Kepala Bidang Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo Hutahuruk mengatakan, lokasi pertama di Gang Pusara, Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, ditemukan sepasang ular sanca di kebun milik warga. Ular sanca tersebut memiliki ukuran kurang lebih dua meter.

BACA JUGA:  Cegah Kematian Bayi Prematur, FKM UI-Pemkot Depok Terbitkan Regulasi Metode Kanguru

“Kemudian tim melakukan penelusuran untuk mencari sarangnya dan tidak jauh dari situ, petugas menemukan sarang beserta sepuluh butir telur. Sebagian dari telur ini sudah menetas,” kata Denny kepada wartawan, Rabu (25/11/20).

Lanjut Denny, lokasi kedua di salah satu perumahaan di RT 03, RW 02 Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos. Pihaknya berhasil mengamankan satu ekor ular jenis kobra jawa beserta enam butir telurnya.

BACA JUGA:  Idris Ajak Warga Berdoa Pandemi Segera Berakhir

“Semua ular beserta telurnya ini selanjutnya kita bawa ke Kantor Damkar,” lanjutnya.

Denny meminta kepada warga agar waspada dengan kemunculan ular di sekitar lingkungan mereka. Sebab, imbuhnya, peralihan musim seperti saat ini merupakan masa binatang melata ini keluar mencari sarang untuk bertelur. Kawasan perumahan yang mencaplok lahan yang tadinya habitat ular membuat binatang melata itu kerap ditemukan di sekitar tempat tinggal warga

BACA JUGA:  Tingkatkan Kualitas Produksi Tempe, FKM UI Bina UMKM Tempe di Depok

“Bagi warga yang melihat kemunculan ular di lingkungan rumahnya bisa langsung menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112. Jangan melakukan evakuasi sendiri karena itu berbahaya dan bisa berakibat fatal,” tutupnya.

Warga Depok juga diimbau agar mengantisipasi kemunculan ular di sekitar perumahan. Pasalnya, masa peralihan menuju musim hujan seperti saat ini merupakan masa reptil-reptil itu mencari sarang untuk bertelur. []

Komentar