oleh

Tetap Berolahraga dan Sehat di Masa Pandemi

Oleh: Raja Reinda Cayari, Mahasiswi LSPR Communication & Business Institute Jakarta

Semenjak pandemi COVID-19 ini, banyak masyarakat harus tetap di rumah, dan hal ini membuat ruang gerak mereka terbatas dan tidak jarang malah menjadi tidak produktif. Hanya tidur-tiduran, makan, bermain games, hingga hanya duduk di depan HP dan laptop selama berjam-jam. Hal ini tentunya tidak akan baik bagi kesehatan kita.

Tetap tinggal di rumah saja di saat pandemi ini memang langkah yang sangat bijaksana. Namun akan lebih bijaksana lagi jika kita tetap berolahraga guna menghindari penyakit-penyakit yang akan muncul akibat kurangnya bergerak. Seperti mudah stres dan kelelahan, susah tidur, munculnya masalah pencernaan hingga diabetes.

BACA JUGA:  Be Smart, Be Beauty, Be You!

Banyak olahraga yang bisa kamu lakukan selama mengisi waktu luang di rumah tanpa perlu banyak peralatan, berikut diantaranya:

1. Home Workout
Di masa pandemi ini ketika semua orang tidak bisa pergi ke gym, berenang ataupun olahraga outdoor lainnya, home workout menjadi opsi yang paling banyak dipilih oleh masyarakat karena hanya membutuhkan matras serta bisa dilakukan di tempat yang sempit. Home workout banyak macam-macamnya, mulai dari sit-up, plank, squats hingga jumping jack. Home workout bermanfaat untuk memperkuat otot perut dan paha, melancarkan pencernaan hingga memperpanjang umur manusia.

BACA JUGA:  Tetap Stylish, Nyaman, dan Aman, Pakaian yang Tepat Saat Pandemi Covid 19

2. Lompat Tali
Lompat tali juga bisa menjadi opsi yang tepat untuk kalian yang menyukai hal praktis. Lompat tali bisa dilakukan di halaman rumah, tanpa perlu persiapan yang banyak. Orang yang rutin lompat tali 10 menit sehari akan mendapatkan segudang manfaat seperti memperkuat tulang, menyehatkan jantung dan paru-paru bahkan hingga meningkatkan kefokusan otak.

3. Menari
Banyak orang yang berpikir bahwa olahraga sangat membosankan dan melelahkan. Namun menari bisa menjadi pilihan bagi orang yang menginginkan fun ketika olahraga. Kamu bisa memilih musik pop apapun yang kamu suka, lalu menarilah mengikuti musik. Menari membuat seluruh tubuh kita bergerak, dan ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan, membuat mood lebih baik hingga meningkatkan kesehatan tubuh.

BACA JUGA:  Mencuci Tangan Menjadi Tren Baru Pada Masa Pandemi Covid-19?

Itulah beberapa olahraga yang dapat dilakukan di rumah sampai kita bisa terbebas dari virus COVID-19. Dengan rutin berolahraga, imun tubuh menjadi kuat dan jarang sakit. Tentunya hal ini harus tetap diimbangi dengan gaya hidup yang sehat dan menjaga diri dan sekitar dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ada. Karena sehat saja tidak cukup untuk melindungi kita dari Virus Corona. []

Komentar

Berita lainnya