oleh

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik Saat Pandemi

Oleh: Teresa Jade Aliwinoto, Institute of Communication & Business LSPR

Teresa Jade Aliwinoto

Tak terasa, pandemic COVID-19 sudah berjalan hampir satu tahun. Banyak perubahan yang terjadi dalam hidup kita. Adanya perubahan gaya hidup membuat kita harus beradaptasi dengan keadaan. Dampak COVID-19 sangtlah besar. Kita sebagai anak-anak muda pun ikut merasakannya. Sekolah dan perkuliahan berlangsung secara online, meng akibatkan tugas menjadi lebih banyak dibandingkan pembelajaran offline. Lalu, protokol dan peraturan yang diberlakukan selama pandemi membuat kesempatan untuk hangout dan nongkrong bersama kecil.

Secara tidak sadar, hal tersebut berakibat buruk bagi kita. Ketidakseimbangan antara tekanan dari tugas-tugas sekolah/kuliah dan kurangnya waktu untuk refreshing membuat kita menjadi:

⦁ Tidak produktif (susah fokus)
⦁ Ketidakstabilan emosi (mood swing)
⦁ Badan terasa lemas berkepanjangan
⦁ Sering cemas berlebihan
⦁ Merasa hopeless, tidak bersemangat
⦁ Malas bersosialisasi

Ciri-ciri diatas merupakan pertanda jika seseorang sedang dalam keadaan stress dan depresi. Kedengerannya sepele ya, guys tapi kalau dibiarkan lama-lama dapat berakibat fatal. Stress dan depresi adalah bagian dari gangguan mental yang paling umum.

BACA JUGA:  Tetap Menimba Ilmu Meski Berjarak

Kesehatan mental dan fisik tidak dapat dipisahkan. WHO menyatakan bahwa, “Tidak ada kesehatan tanpa mental yang sehat”. Kesehatan mental yang buruk dapat mengakibatkan kondisi fisik yang kronis, begitu pula sebaliknya. Orang dengan tingkat stress yang lebih tinggi 32% lebih mungkin meninggal karena kanker. Bahkan, depresi dapat memicu penyakit jantung. Perlu diketahui, gangguan mental dan sakit jiwa adalah hal yang berbeda. Dengan kita memngenali perbedaan dari kedua hal tersebut, maka kita bisa mengahapuskan stigma negatif di masyarakat terhadap mereka yang mengalami gangguan mental.

Pada saat pandemi ini, kemungkinan seseorang mengalami gangguan mental sangatlah besar. Oleh karenanya kita harus bisa mengatasi atau menghindari hal-hal yang dapat menjadi pemicunya. Ada banyak cara untuk kita dapat mengendalikan kesehatan mental kamu. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu coba:

⦁ Pastikan waktu istirahat sudah cukup
Ketika kamu tidak memiliki waktu tidur yang cukup, maka mood kamu akan menjadi jelek. Ini dapat menyebabkan kamu jadi malas menjalankan harimu karena kamu sudah emosian diawal. Kurang istirahat juga dapat membuat kita menjadi tidak produktif

BACA JUGA:  Manakah Masker yang Paling Efektif untuk Cegah Virus Corona?

⦁ Buat goal untuk setiap harinya
Penting loh buat kita untuk membuat goal untuk pencapaian setiap harinya. Pembuatan goal akan membantu kamu untuk menjadi lebih terorganisir dan tidak overwork. Kamu dapat mengatur setiap pekerjaan yang mau dilakukan tanpa membuat badanmu terlalu capek.

⦁ Hindari segala hal yang membuat kamu semakin susah
Tugas memang susah tapi bukan berarti kita menghindarinya yah. Maksud dari pernyataan itu adalah kita harus bisa memfilter sesuatu. Tujuannya adalah supaya kamu terhindar dari pengaruh buruk dan menjadi lebih fokus. Kita dapat memanfaatkan waktumu secara efektif untuk hal yang lebih penting.

⦁ Melakukan kebaikan untuk orang lain
Beramal sangat baik loh! Selain karena kita bisa berbagi, kita juga bisa merasa bahagia saat melihat melakukannya. Perasaan bahagia ini membuat emosi kita menjadi baik sehingga mental kita pun lebih relax dan senang. Jika kita bahagia, maka fisik kita pun jadi lebih kuat.

BACA JUGA:  Menemukan Hobi Baru di Tengah Pandemi

Dengan menjalankan cara-cara tersebut, kamu dapat membuat diri kamu lebih bahagia, relax, dan santai. Emosi yang stabil adalah pertanda mental kita sehat. Saat kondisi mental kita baik maka kondisi fisik kita pun juga baik. Maka, kita dapat menyatakan diri kita sehat sepenuhnya. Jika kamu sudah merasa sangat berat, jangan takut untuk berkonsultasi dengan yang ahli seperti psikolog. Karena dengan kamu berkonsul, kamu bisa mendapatkan dukungan dan penanganan yang tepat.

Ingat yah, saat pandemi ini kita harus selalu menjaga kesehatan tubuh kita. Kamu harus mengusahakan agar kamu sehat secara mental dan fisik. Karena mental yang sehat akan membuat tubuh kita terjauhkan dari berbagai macam penyakit, antibodi tubuh pun kuat sehingga tubuh kita tidak ringkih. Mulai sekarang, jangan meremehkan stress dan depresi yah, guys. Karena itu bisa menjadi pertanda bahwa kamu sedang mengalami gangguan mental. Segera beritahu kerabat kamu sehingga kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Stay safe and sane all!

Komentar

Berita lainnya