oleh

Mengatasi Insomnia Bisa Melalui Makanan Lho!

Insomnia merupakan gangguan tidur yang dapat membuat penderitanya sulit untuk tidur dengan pulas. Hal ini dapat menyebabkan Anda terbangun dan tidak dapat tidur kembali.

Menjelang waktu tidur, penderita insomnia akan merasa tertekan. Akibatnya, stres pun datang sehingga hormon kortisol dan adrenokortikotropik dilepaskan ke aliran darah. Kondisi ini memacu detak jantung dan tekanan darah serta memaksa tubuh menjadi hyperarousal atau sebuah keadaan abnormal seperti peningkatan tingkat kewaspadaan dan kecemasan.

BACA JUGA:  Nomofobia, Ketakutan yang Berawal dari Kecanduan Ponsel

Salah satu cara untuk atasi insomnia ialah memperhatikan pola makan. Dilansir dari sleepfoundation.org, ada makanan tertentu yang dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Pilihan makanan yang tepat memainkan peran utama dalam hal-hal seperti berat badan, kesehatan jantung dan kadar gula darah.

Cara mengatasi insomnia secara alami salah satunya adalah dengan konsumsi buah kiwi. Kiwi memiliki banyak vitamin dan mineral, terutama vitamin C dan E serta kalium dan folat.

BACA JUGA:  Hal-Hal yang Bisa Kita Lakukan di Rumah Selama COVID-19

Selada dan minyak biji selada dapat membantu atasi insomnia dan meningkatkan tidur malam yang nyenyak. Para ahli percaya bahwa sebagian besar efek sedatif selada disebabkan oleh fraksi n-butanol tanaman, khususnya dalam senyawa yang disebut dengan laktusin.

Buah pisang selain mengenyangkan juga dapat menjadi salah satu cara atasi insomnia dengan makanan. Pisang mengandung triptofan dan merupakan sumber magnesium yang baik. Keduanya dapat membantu Anda tidur dengan nyenyak. (Kevin)

Komentar

Berita lainnya