oleh

Menemukan Hobi Baru di Tengah Pandemi

Oleh : Jessyca Immanuella, Institute of Communication & Business LSPR

Jessyca Immanuella

Saat ini seluruh dunia sedang berjuang untuk menahan penyebaran Virus Covid-19. Kebijakan-kebijakan baru pun mulai diberlakukan untuk menahan penyebaran virus ini, salah satunya adalah menghimbau seluruh masyarakat untuk tetap dirumah aja. Adanya perubahan yang sangat drastis ini memaksa kita untuk beradaptasi dengan keadaan, salah satu dampak yang paling terasa bagi para remaja adalah kegiatan sekolah dan perkuliahan yang harus dilakukan secara online, tentu ini sangat berat apalagi yang biasanya kita bisa dengan bebas berkumpul atau nongkrong saat ini kegiatan itu harus sangat dibatasi.

Perubahan yang sangat drastis dan tiba-tiba ini tentu sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita, kita “dipaksa” untuk beradaptasi dengan cepat, hal ini berpotensi menimbulkan tekanan yang dapat mempengaruhi diri kita, seperti merasa tidak produktif, mood cepat berubah, sering merasa cemas, tidak bersemangat, dan tubuh yang terasa lelah. Hal-hal seperti ini tidak bisa kita anggap sepele, saat kita merasa diri kita atau orang-orang disekitar kita dalam keadaan yang seperti itu, kita harus cepat sadar dan bergerak untuk berubah.

BACA JUGA:  Tetap Produktif Saat Pandemi Covid-19

Jika kita lihat dari sisi positif masa pandemi ini dapat kita manfaatkan untuk lebih mengenali diri sendiri dan menggali potensi-potensi yang sebenarnya kita miliki dalam diri kita. Banyak sekali yang menemukan hobi baru ditengah masa pandem seperti ini, hobi ini dapat dimanfaatkan untuk mengisi waktu-waktu luang selama kita dirumah aja, berikut adalah hobi yang paling banyak dilakukan selama masa pandemi ini dan semoga bisa menginspirasi kalian untuk mengisi kegiatan luang selama dirumah aja.

1. Nonton film series/drama Korea
Sebelum adanya masa pandemi pasti kita merasa sangat gelisah jika ingin menonton film series/drakor, karena biasanya kalau sudah mulai nonton sangat sulit untuk berhenti sehingga pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan jadi terbengkalai. Saat ini kita bisa dengan santai menonton film series atau drakor karena pekerjaan kita dapat kita selesaikan dari rumah juga.

2. Membaca
Saat ini kalau ingin membaca kita tidak harus pergi ke toko buku untuk membeli buku, banyak sekali cara praktis yang dapat dilakukan untuk membaca buku mulai dari ebook, buku audio, dll atau kita juga bisa memesan buku secara online. Selain menambah wawasan, membaca buku juga dapat membantu kita untuk menghabiskan waktu selama masa pandemi ini berlangsung.

BACA JUGA:  Untuk Apa Kuliah Kita?

3. Olahraga
Olahraga tidak harus dilakukan di gym, kita dapat melakukan kegiatan olahraga sendiri dirumah lewat tutorial di youtube. Saat ini bersepeda juga menjadi olahraga yang sangat popular di masa pandemi ini, semua orang berlomba-lomba untuk membeli sepeda baru untuk dipakai berolahraga di masa pandemi ini.

4. Masak
Memasak juga menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang di masa pandemi ini. Banyak dari mereka yang mulai menjual masakan yang mereka buat lewat sosial media. Selain mengisi waktu luang ternyat hobi ini juga dapat membantu kita untuk menghasilkan uang loh..

5. Berkebun
Menanam bunga dan tanaman bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan, kegiatan ini bisa kalian lakukan Bersama sama dengan keluarga. Sambil menanam dan merawat tanaman kalian juga dapat memanfaatkan waktu ini untuk menghirup udara segar. Jika beruntung tanaman yang kalian tanam dapat kalian petik hasilnya untuk kemudian kalian gunakan untuk memasak.

BACA JUGA:  Budaya Jabat Tangan Hilang Karena Corona, Apakah Masalah?

6. Meditasi
Sejak adanya peraturan yang mengharuskan kita untuk dirumah aja, pasti perubahan ini sangat berpengaruh terhadap Kesehatan mental kita. Salah satu cara yang paling ampuh untuk menyeimbangkan pikiran kita adalah dengan cara meditasi. Meditasi merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat karena dapat memperbaiki suasana hati dan pikiran kita. Hobi satu ini dapat jadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang kalian selama masa pandemi ini lohh..Paduan untuk melakukan meditasi dapat kalian lihat di berbagai youtube channel atau paduan ebook.

7.Mendengarkan Podcast
Kegiatan ini dapat kalian lakukan sambal mengerjakan berbagai kegiatan. Saat ini sudah banyak sekali tema-tema podcast menarik yang dapat kalian dengarkan. Mulai dari Youtube sampai Spotify sudah menyediakan berbagai podcast menarik yang dapat menghibur sekaligus menambah pengetahuan kalia.

Ternyata banyak sekali kegiatan yang dapat kita lakukan selama dirumah aja. Hobi-hobi tersebut membuat dirumah aja menjadi kegiatan yang menyenangkan. Semoga kita tidak melihat pandemi ini dari sisi negatifnya, tetapi kita jadikan pandemi ini peluang untuk kita meningkatkan kualitas diri kita dan tetap melakukan kegiatan-kegiatan produktif.

Komentar

Berita lainnya