oleh

Kiat Usaha Warung Sembako di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 berdampak buruk bagi berbagai sektor, terutama sektor perdagangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Para pengusaha umkm merasakan penurunan pendapatan yang disebabkan oleh melemahnya daya beli masyarakat.

Menurut survei yang dilakukan Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI), kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional ( Bappenas), terhadap 6.405 UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia pada bulan April-Mei 2020, yaitu sebanyak 3,6 % responden mengalami peningkatan penjualan , kemudian sebanyak 36,7% Responden tidak ada penjualan, dan sebanyak lebih dari 60% responden mengalami penurunan penjualan, serta sebanyak 4,5% responden tidak tumbuh sama sekali.

Heryanto Iskandar (54) salah satunya, pemilik warung sembako ini mengaku bahwa usahanya terdampak penurunan penjualan sehingga membuatnya harus memutar otak untuk dapat berjuang di tengah masa sulit pandemi ini.

“Berbagai kiat-kiat saya lakukan agar tetap bisa bertahan di masa pandemi ini yaitu dengan cara melayani pesanan pembeli melalui via whatsapp, sms, telepon dan menyediakan metode pembayaran melalui E-Wallet seperti Ovo, Dana,dan transfer Bank,” kata Heryanto saat diwawancarai di warung sembako bule, Rabu, (28/10).

Selain itu ,kiat-kiat usaha yang ia lalukan yaitu menjual daganganya di berbagai macam platform E-Commerce. Kemudian Agar memenuhi kebutuhan masyarakat ia berupaya menambahkan barang dagangan yang sesuai dengan kebutuhan serta memberikan potongan harga dan pengiriman gratis minimal transaksi seratus ribu rupiah.

Menurut Heryanto, di masa pandemi covid-19 ini membuatnya banyak belajar seperti mempertahankan usahanya ketika sedang mengalami penurunan pendapatan serta membuatnya harus melakukan sejumlah kiat-kiat usaha agar bisa beradaptasi di segala situasi termasuk situasi pandemi ini.

“saya berharap dengan kiat-kiat usaha ini dapat menaikan daya beli sehingga bisa bertahan dimasa sulit pandemi covid-19 ini,” pungkasnya. (Mellyana Marcela)

Komentar

Berita lainnya