oleh

Gaya Hidup Bersih Anak Muda di Jakarta

Oleh: Vivi Pritama Sutedjo, Mahasiswi LSPR Communication & Business Institute

Vivi Pritama Sutedjo
Vivi Pritama Sutedjo

Covid-19 adalah virus mematikan yang mencemaskan seluruh dunia. Covid-19 sendiri awalnya menyebar di Wuhan, China yang kemudian menyebar hingga ke berbagai negara. Oleh karena itu, banyak negara yang melakukan Social Distancing (PSBB) atau bahkan lockdown untuk memutus rantai penularan virus ini.

Selama masa pandemi ini, kita harus lebih menjaga kebersihan tubuh kita. Banyak anak muda di Jakarta yang sudah memahami pentingnya menjaga kebersihan tubuh mereka seperti mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Akan tetapi, mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer saja tidak cukup.

BACA JUGA:  Tetap Menimba Ilmu Meski Berjarak

Berdasarkan hasil survey yang saya lakukan, tercatat bahwa 46% anak muda di Jakarta jarang membersihkan diri (mandi, keramas dan lainnya) setelah bepergian dari luar, 32.9% tidak membersihkan paket yang berasal dari luar dengan disinfektan terlebih dahulu, 28% tidak memindahkan makanan yang berasal dari luar ke peralatan makan pribadi mereka, dan 37.3% meletakkan sepatu mereka di dalam rumah setelah bepergian.

Berdasarkan hasil survey di atas, dapat disimpulkan bahwa mayoritas anak muda di Jakarta kurang memperhatikan kebersihan diri dan sekitar mereka. Banyak anak muda yang merasa jika bepergian keluar dalam waktu yang sebentar, maka mereka tidak perlu mandi setelah pulang. Akan tetapi, meskipun hanya bepergian sebentar, virus dan kotoran bisa menempel di pakaian, tubuh, dan rambut mereka.

BACA JUGA:  Apakah Berita Berpengaruh bagi Kesehatan Kita saat Pandemi?

Jika tidak langsung membersihkan diri, maka virus dan kotoran tersebut bisa masuk dan menempel di dinding atau bahkan di kamar tidur mereka. Hal ini tentu saja berbahaya dan mengancam kesehatan keluarga atau orang-orang yang tinggal serumah dengan mereka. Oleh karena itu, setelah bepergian dari luar, maka kita harus membersihkan diri kita dari ujung kepala sampai ujung kaki agar terhindar dari virus dan kotoran yang menempel.

BACA JUGA:  Mencuci Tangan Menjadi Tren Baru Pada Masa Pandemi Covid-19?

Dalam situasi pandemi seperti ini, menjaga kesehatan tubuh dari dalam saja tidak cukup. Maka dari itu, mari kita bersama-sama lebih menjaga kebersihan diri kita masing-masing. Mulailah dari sekarang, sebelum semuanya terlambat lalu menyesal. Kita harus bisa menjaga orang-orang terdekat kita agar terhindar dari virus mematikan ini. []

Komentar

Berita lainnya