oleh

Disinfeksi Barang Bawaan, Stop Penyebaran Covid-19

Oleh: Natasha Nirmalasari,Mahasiswi LSPR Communication and Business Institute

Natasha Nirmalasari

Saat ini seluruh dunia, salah satunya negara Indonesia sedang berjuang melawan virus yang mampu melumpuhkan segala kegiatan manusia dan mengakhiri hidup banyak orang. Covid-19, tak terlihat namun mematikan. Tidak hanya berdampak bagi kehidupan sosial dan kesehatan banyak orang, tetapi juga bagi ekonomi, pendidikan, kuliner, dan segala sektor kehidupan. Virus ini membawa manusia pada banyak kehilangan, kehilangan ilmu pengetahuan, waktu, peristiwa penting, kebahagiaan, bahkan orang tercinta, dan masih banyak ribuan kehilangan lainnya.

Pada masa pandemi virus Covid-19, pemerintah menggalakan kampanye agar masyarakat tetap tinggal di rumah untuk menekan angka penyebaran Covid-19 jika tidak ada keperluan yang mendesak. Namun dalam kurun waktu beberapa bulan ini, terkadang kita tetap harus pergi keluar rumah untuk beberapa alasan seperti bekerja dan berbelanja.

BACA JUGA:  Seberapa Efektif Masker Kain Cegah Penyebaran COVID-19?

Dalam masa kampanye ini, masyarakat seringkali merasa jenuh dan bosan tinggal di rumah, sehingga tak jarang beberapa dari mereka pergi keluar hanya sekedar untuk makan, bertemu teman, jalan – jalan, dan kegiatan lainnya yang kurang penting.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan saat di luar rumah maupun saat kembali ke rumah. Dalam protokol kesehatan untuk masuk ke dalam rumah, pemerintah memaparkan bahwa semua barang dari luar harus disterilkan dengan disinfektan sesuai standard kesehatan. Protokol ini sangat penting mengingat bahwa di luar rumah, terutama tempat dan fasilitas umum memiliki potensi tinggi dalam penyebaran virus Covid-19.

Pada masa awal sosialisasi protokol kesehatan mengenai penggunaan disinfektan, banyak masyarakat yang menerapkan protokol ini dengan cara yang salah yaitu menggunakannya langsung pada manusia dengan alasan membunuh virus di pakaian dan tubuh manusia. Kesalahan itu terlihat pada maraknya bilik disinfektan di tempat – tempat publik. Hal tersebut sangat tidak benar, bahkan berbahaya dan dapat merusak kulit karena disinfektan seharusnya digunakan untuk permukaan benda mati. Sementara untuk mensterilisasikan diri, manusia disarankan menjaga kebersihan dengan menggunakan antiseptik.

BACA JUGA:  Menjalankan PHBS di Lingkungan Masyarakat saat Pandemi

Barang bawaan dari luar rumah sangat berpotensi mejadi media penularan Covid-19 apabila terdapat droplets dari seseorang yang terpapar, kemudian droplets tersebut kita sentuh dan secara tidak sadar kita mengenai area hidung dan mulut dengan tangan tersebut. Maka dari itu, penting sekali bagi masyarakat untuk mendisinfeksi barang bawaan dari luar agar steril.

Semua barang dari luar perlu didisinfeksi tanpa terkecuali, seperti tas, dompet, handphone, belanjaan, dan lain lain. Cara terbaik menggunakan disinfektan adalah dengan mengusapkan langsung pada benda yang ingin dibersihkan dan rentan terkena virus Covid-19.

BACA JUGA:  Manakah Masker yang Paling Efektif untuk Cegah Virus Corona?

Selain barang bawaan pribadi, maraknya metode jual beli online juga dapat menjadi media penularan virus Covid-19. Saat kita memesan suatu barang yang akan diantar ke rumah dalam bentuk paket, kita juga harus mendisinfeksi barang tersebut. Selain mendisinfeksi, ada baiknya bila kita langsung membuang bungkus paket barang tersebut.

Mendisinfeksi semua barang dan membersihkan diri sebelum masuk rumah dapat membantu menjaga rumah tetap steril dan menyelamatkan keluarga terutama yang berada pada golongan rentan terpapar virus Covid-19. Jadi, mari kita buat rumah kita masing – masing menjadi tempat perlindungan yang nyaman dan aman. []

Komentar

Berita lainnya