oleh

Youth Inspiraction Camp 2020: Pemuda Harus Peduli Masalah Kesehatan Mental

BOGOR – Kesehatan mental selalu menjadi bahasan hangat di berbagai kalangan, termasuk pemuda. Apalagi saat ini masalah kesehatan mental didominasi oleh kalangan muda, padahal merekalah tumpuan bangsa ini. Berkaca dari hal tersebut pada Minggu (20/09) Youth Inspiraction Camp (YIC) 2020 dalam sesi Inspiraction Community mengenalkan masalah kesehatan mental dengan pemateri Muhammad Yusuf Sulaeman, Co-Founder & Regional Leader Komunitas #Ismile4you. Komunitas yang berdiri sejak empat tahun lalu ini menyoroti masalah kesehatan mental di Indonesia.

BACA JUGA:  Aksi 1.000 Kantong Darah, DDV Ajak Masyarakat Penuhi Stok Darah Nasional

Dengan slogan Kinder To YourSelf, #Ismile4You memiliki keinginan membangun semangat hidup di kalangan anak muda Indonesia melalui gestur sederhana yang sering kali disepelekan seperti senyum dan ruang berteman dengan harapan mengurungkan niat mengakhiri hidup. “#Ismile4You hadir di masyarakat sebagai support system dalam menjalani hidup yang positif untuk diri sendiri maupun orang lain,” ujar Yusuf.

BACA JUGA:  Dompet Dhuafa Luncurkan Program Beasiswa 1.000 Santri Indonesia

Sejak Komunitas #Ismile4You hadir, ribuan orang terkoneksi, puluhan relawan menjadi bagian dari masalah kesehatan mental, hingga diganjar penghargaan seperti: Runner Up Campaign Of The Year 2017 oleh Campaign.Com, nominasi organisasi terbaik kategori komunitas oleh Indorelawan.org, dan terdaftar dalam Y-Map Asian Pasific Oleh UNESCO x UN Volunteer.

“Kita harus belajar memanajemen emosi, lebih membuka diri untuk orang lain, dan membangun kepercayaan diri untuk memberikan manfaat bagi orang sekitar walupun sedikit,” tambah Yusuf.

BACA JUGA:  LKC Dompet Dhuafa Luncurkan Hotline Emergency Dhuafa untuk Indonesia

Yusuf mengatakan jika dalam mendirikan komunitas kita melihat apa yang paling diperlukan atau dibutuhkan masyarakat bukan apa yang menjadi tren di masyarakat.

“Jangan pernah takut untuk memulai, bangun mindset bahwa apa yang kita lakukan akan berdampak besar untuk orang banyak,” tutur Yusuf dihadapan dua ratus penerima manfaat Etos ID. []

Komentar

Berita lainnya