oleh

Sumbar Talenta Siap Beraksi di Konser Virtual Minang Bersuara

PADANG – Sumbar Talenta, ajang pencarian bakat seni generasimuda yang diselenggarakan setiap tahunnya di Sumaterabarat telah digelar 14 kali sejak tahun 2004. Ajang ini telah banyak melahirkan bintang sukses. Saat ini mereka berkiprah di industri seni, baik lokal, nasional, hingga internasional.

Himpunan Wanita Karya Provinsi Sumatera Barat (HWK Sumbar) sebagai pemilik Sumbar Talenta, berkoordinasi dengan Yayasan Sumbar Talenta Indonesia, dan Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) akan mempertemukan mereka dalam Konser Virtual Minang Bersuara yang digelar pada Sabtu 12 September 2020, mulai pukul 19.30 – 21.30 WIB.

Andha Zulfirman, Koordinator Konser Virtual Minang Bersuara saat kami wawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada Sabtu (5/9/2020) mengatakan, “Konser Virtual Minang Bersuara akan digelar sesuai protokol kesehatan, melalui aplikasi Zoom, dan tayang langsung di kanal YouTube Sastri Bakry. Selain dari rumah, konser ini juga akan menampilkan para artis Sumbar Talenta yang tampil live dari studio BPNB Sumbar, dan studio di Jakarta.”

“Konser Minang Bersuara digelar secara virtual karena para artis Sumbar Talenta saat ini sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia, dan mereka sudah mempersiapkan diri untuk tampil. Mereka akan melakukan pertunjukan solo vokal, duet vokal, kuintet vokal, nasyid, deklamasi puisi, musik, tari, dan musikalisasi puisi. Alhamdulillah, persiapan dari panitia hanya tinggal merampungkan teknisnya saja. Saya berharap kepada teman-teman dari Sumbar Talenta dan juga Sumbar Talenta Kids yang akan tampil agar dapat memberikan performa terbaik,” kata Andha Zulfirman.

BACA JUGA:  Tahap IV Beasiswa Sarjana LUAS Dimulai

Dra. Hj. Sastri Yunizarti Bakry, Akt, M.Si, CIA, Pendiri Sumbar Talenta, saat kami wawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada Sabtu (5/9/2020) mengatakan, “Konser Virtual Minang Bersuara ini ajang silaturahmi bagi jebolan Sumbar Talenta ke-1 hingga ke-14. Mereka akan unjuk talenta yang dimiliki generasimuda Minang dalam bentuk pertujukan seni dengan berbagai bahasa dan budaya yang diperuntukkan bagi para penonton di seluruh Indonesia dan negara-negara yang pernah Sumbar Talenta konser di sana, seperti Aljazair, Spanyol, Belanda, Turki, Kroasia, Australia, Malaysia, Singapura, Brunei dan lainnya.”

Sastri Bakry mengharapkan kepada seluruh jebolan Sumbar Talenta agar tetap menjaga silaturahmi dengan sesama alumni, dan tetap berkarya hingga akhir hayat, demi menjaga kelestarian seni tradisi dan budaya Minangkabau.

BACA JUGA:  Jelang Munas V(irtual) Hidayatullah Gelar Berbagai Acara

Sumbar Talenta didirikan oleh Sastri Bakry bersama drg. Riflaini (almh), dijadikan salah satu program kerja HWK Sumbar. Melalui Sumbar Talenta, mereka ingin membina talenta yang dimiliki generasimuda agar terhindar dari perilaku negatif, seperti tawuran, narkoba, dan lainnya. Mereka memberi kesempatan kepada generasimuda tersebut untuk menampikan bakatnya di event lokal, nasional, dan internasional.

“Melalui Sumbar Talenta kami ingin membangun integritas diri generasimuda dalam ridha Allah SWT,” kata Sastri Bakry.

Pada kesempatan yang sama, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum, Ketua HWK Sumbar mengatakan, “Sumbar adalah gudangnya orang berbakat atau bertalenta, yang telah banyak melahirkan tokoh besar, seperti pejuang, pemikir, sastrawan, dan budayawan yang berkiprah di tingkat daerah maupun nasional. Karena itu, Sumbar Talenta ingin ikut berperan dalam pengkaderan tokoh-tokoh besar selanjutnya dari Sumaterabarat.”

“Selain para artis Sumbar Talenta, Konser Virtual Minang Bersuara juga akan menampilkan dua bintang tamu, Ernie Djohan, Penyanyi legendaris Indonesia, dan Bahri Sempurna, mereka akan tampil memberikan pesan inspiratif bermotivasi,” kata Zusneli Zubir.

BACA JUGA:  Guru Agung: Indonesia Butuh Pemuda Unggul, Adaptif, dan Strategis!

Drs. Suarman, Kepala BPNB Sumbar saat kami wawancarai di kantornya pada Kamis (3/9/2020) mengatakan, “Sumbar Talenta telah banyak menghasilkan seniman besar, baik yang beraktivitas di Sumbar, maupun di tingkat nasional, bahkan internasional. BPNB Sumbar di bawah naungan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sangat mendukung pelaksanaan Konser Virtual Minang Bersuara dan memberi ruang bagi para pelaku seni dan budaya di Sumbar Talenta agar tetap dapat berkreativitas meskipun dalam situasi pandemi covid-19.”

Lebih lanjut Sastri Bakry juga mengatakan, “Sumbar Talenta sudah 16 tahun berdiri, mampu bertahan karena adanya penggerak dan motivator. Agar terlaksana tiap tahunnya, diharapkan kepada Kepengurusan HWK Sumbar saat ini dan mendatang agar selalu fokus, konsisten, disiplin, dan giat membangun jaringan atau kolaborasi. Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat dan juga Pemerintah untuk menyaksikan Konser Virtual Minang Bersuara, mohon saran dan dukungannya.” (Muhammad Fadhli)

Komentar

Berita lainnya