oleh

PNJ Bagikan 100 Paket Aktivitas Kreatif untuk Anak-anak di Pulo Geulis, Bogor

BOGOR – Bukan hanya pekerja yang harus bekerja dari rumah selama pandemi Covid-19, anak-anak pun harus bersekolah dan berdiam di dalam rumah. Kegiatan bermain juga harus dilakukan di dalam rumah masing-masing. Rasa bosan dan bingung harus melakukan kegiatan apa menjadi masalah tersendiri. Ponsel pintar pun menjadi pelarian anak-anak yang butuh hiburan. Hal itu tentunya tidak sepenuhnya baik untuk anak.

Program Studi Desain Grafis (DG) Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) melakukan pengabdian kepada masyarakat di daerah Pulo Geulis sebagai salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pulo Geulis dipilih karena Jurusan Teknik Grafika Penerbitan (TGP) PNJ telah bekerja sama di tahun sebelumnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh tim Program Studi DG yaitu membuat buku bergambar edukatif dengan tema “Kreasi Warna Ceria Melawan Covid-19”. Karya tersebut merupakan hasil karya mahasiswa Desain Grafis di bawah bimbingan dosen. Pemberian paket aktivitas kreatif ini ditujukan untuk anak-anak di Pulo Geulis Bogor dalam pemanfaatan waktu SFH (School From Home) selama pandemi Covid-19. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada Senin (07/09/20) di Kantor Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Pulo Geulis, Kota Bogor.

BACA JUGA:  Literasi Milenial, Mengukir Prestasi Lewat Tulisan

“Ada 100 paket aktivitas kreatif yang masing-masing paket terdiri dari buku mewarnai edukatif, meja gambar lipat, dan krayon,” ujar Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Masyarakat Prodi Desain Grafis, Dwi Agnes Natalia Bangun.

Kegiatan ini dihadiri 15 ibu dan anaknya yang merupakan perwakilan dari beberapa RT di Kelurahan Pulo Geulis. Tidak lupa protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak tetap dilakukan sepanjang kegiatan berlangsung.

BACA JUGA:  UNJ Gelar ICELS 2020: Sosialisasikan Pendekatan Baru Bahasa, Humaniora, dan Iptek Di Masa Covid-19

Pembagian paket aktivitas kreatif ini tidak hanya sampai di situ. Susilawati Thabrany sebagai perwakilan dari Prodi Desain Grafis PNJ mengatakan hasil mewarnai anak-anak Pulo Geulis akan difoto dan dilombakan. Pemenang lomba dijanjikan hadiah menarik yang dapat digunakan untuk media belajar. Pengumuman pemenang akan dilakukan bersamaan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis jurusan pada tanggal 28 September 2020.

BACA JUGA:  ACT Depok dan iDream Gelar Talkshow Kemanusiaan

Dalam sambutannya, Lurah Babakan Pasar, Citra Widya Lestari mengucapkan terima kasih dan harapannya atas kerja sama dengan prodi Desain Grafis PNJ bisa bermanfaat untuk anak-anak di Pulo Geulis.

Bermain dan belajar adalah hal yang tidak bisa terpisahkan dalam dunia anak. Harus tetap di rumah karena pandemi Covid-19 tentu saja mengundang rasa bosan. Berkarya dengan mewarnai bisa jadi kegiatan yang dapat dilakukan anak bersama orang tuanya. Semoga paket aktivitas kreatif dapat bermanfaat bagi semuanya. (Poppy Fadhilah)

Komentar

Berita lainnya