oleh

Pendakian Gunung Gede Pangrango Kembali Ditutup

 

Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) Jawa Barat, kembali menutup jalur pendakian terhitung mulai hari Sabtu (12/9/2020).

Sebelumnya, pada 25 Agustus 2020, pihak pengelola sempat membuka jalur pendakian untuk umum setelah enam bulan sejak Maret 2020 ditutup total akibat pandemi Covid-19.

Penutupan itu berdasarkan surat dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

BACA JUGA:  IndonesiaNEXT 2020 Siap Cetak SDM Unggul Penggerak Roda Kemajuan Bangsa

Menurut detiknews. Ada lima poin dalam surat tersebut, dimana pada poin dua serta tiga dijelaskan jika adanya pemberitaan di media sosial jika jumlah pendaki melebihi kuota dan diindikasikan mencapai ribuan orang.

Sehingga perlu dilakukan evaluasi kegiatan pendakian, termasuk mencegah dan memastikan tidak ada pendaki ilegal.

Pada poin empat, ditegaskan sambil menunggu hasil evaluasi, pendakian di seluruh pintu masuk pendakian Taman Nasional Gunung Gede dinyatakan ditutup.

BACA JUGA:  Didin Hafidhuddin dan Adian Husaini Terpilih Pimpin Dewan Da'wah Islamiyah

Pembukaan kembali pintu pendakian dapat dilakukan sampai pihak Balai Besar TNGGP mampu memastikan jumlah pendaki sesuai kuota, mencegah pendaki ilegal, dan dipastikan semua pihak menerapkan protokol COVID-19 dan protokol kunjungan wisata alam. (Kevin)

Komentar

Berita lainnya