oleh

Pelanggar Protokol Kesehatan Masih Tinggi, Pemkot Depok Tingkatkan Pengawasan

DEPOK – Dalam kurun waktu antara 4-21 September 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok telah menjaring sebanyak 2.677 pelanggar baik perorangan maupun badan usaha. Pelanggar tersebut terjaring saat operasi yang dilakukan di seluruh wilayah Kota Depok dalam rangka pengawasan Pembatasan Aktivitas Usaha (PAU) dan Pembatasan Aktivitas Warga (PAW).

Kepala Satpol PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny mengatakan, pelanggar dikenakan sanksi berupa denda, sanksi sosial, dan sanksi tertulis sesuai Peraturan Wali (Perwal) Kota Depok Nomor 60 tahun 2020. Untuk besaran denda yang berhasil dikumpulkan dari total pelanggar 2.677 sebanyak Rp 38.646.000.

BACA JUGA:  Pemkot Depok Evaluasi Perencanaan Anggaran Berbasis Gender

“Sedangkan pelanggar untuk badan usaha dengan sanksi tertulis atau teguran lisan sebanyak 461 pelanggar dan sanksi denda sebanyak 98 pelanggar dengan total Rp 28.000.000,” jelas Lienda.

Meski begitu, Lienda menegaskan meskipun pelanggar dikenakan denda namun tujuan utama penegakan bukanlah capaian dari denda. Namun, sebagai langkah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih patuh terhadap protokol kesehatan.

BACA JUGA:  Indonesia Care Ajak Korban PHK terdampak Covid Jadi Enterpreuner Lewat Budidaya Ikan Hias

Senada dengan Lienda, Lurah Harjamukti, Iwan mengatakan dirinya berharap sanksi yang diberikan tersebut dapat menjadi efek jera bagi masyarakat. Dengan begitu, ke depannya dapat mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya dalam memutus penularan Covid-19.

“Bersama Tiga Pilar kami lakukan Operasi Gerakan Depok Bermasker agar masyarakat semakin patuh dalam menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

BACA JUGA:  MTQ Depok 2020 Digelar di Beji 25-27 November

Operasi Gerakan Depok Bermasker di Kelurahan Harjamukti sendiri dilakukan secara rutin dan pada 23 September terjaring sebanyak 43 warga tidak menggunakan masker terjaring saat Operasi Gerakan Depok Bermasker i Jalan Putri Tunggal Kelurahan Harjamukti. []

Komentar

Berita lainnya