oleh

The Power of Reading

Oleh: Mahriani, Anggota Komunitas Muslimah Menulis Depok

Bunga mawar kembang sepatu.
Mekar merekah mencuri hatiku.
Daripada galau gabut tak menentu.
Mari bersama membaca buku.

Ngapain sih, ngajakin orang biar suka membaca?
Membaca itu bikin bete ga kece yang ada juga bikin kumis kita panjang kayak lele. Nah loh.

Eh, kata siapa? Belum tahu aja bagaimana kekuatan membaca bisa begitu besar hingga mampu merubah hatiku jadi memilih kamu. (Ngomong apa sih -_-). Membaca itu punya kekuatan sobat. Ia bisa mengubah suasana hati yang tadinya dipenuhi duka lara menjadi bahagia berbunga-bunga.

Kamu enggak percaya?? Boleh dicoba, disaat hatimu gundah gulana, ambil kitab suci kita. Ya, ambil Al-Qur’an, lantunkan lengkapi dengan terjemahan. Apa yang akan terjadi? InsyaAllah duka akan hilang hati kita pun tenang. Cobain deh.

Membaca itu luar biasa. Selain bisa merubah suasana hati yang awalnya sedih menjadi bahagia, ia juga bisa bikin kita kesal, marah dan kecewa. Nah loh. Oleh karenanya, kita kudu selektif memilih bacaan. Jangan sampai salah pilih karena ia bisa mempengaruhi hati dan pikiran. Jika bahan bacaan kita tepat, akurat dan terpercaya, niscaya akan banyak sekali hal positif yang bisa kita peroleh.

BACA JUGA:  Netizen Bukan Maha Benar Tapi Maha Sok Tahu

Buat kalangan tertentu, membaca adalah obat loh. Membaca itu bisa meredam gangguan mental. Mereka yang suka membaca akan merasa lebih puas dan sabar menjalani hidup. Dengan banyak membaca, stres pun akan reda.

Membaca juga bisa meningkatkan fokus dan ingatan. Buat kamu yang enggak mau terjangkit pikun dini, cegahlah dengan banyak membaca sejak usia kamu masih muda. Jadikan membaca itu habbit yang melekat dalam keseharianmu. Kamu bisa travelling ke luar negeri, padahal kamu masih tetap ada di sini. Kok bisa? Ya bisa. Tinggal pilih saja buku bertema keliling dunia 😉

Satu rahasia seorang belia yang tadinya gagap berbicara kenapa bisa lancar ngalir menjelaskan ilmu di depan banyak orang, ternyata adalah ia telah menghabiskan banyak waktu untuk membaca. Yup… Membaca membuat dirinya kaya kosa kata. Ketika ia ingin berbicara, ia akan dengan mudah memilih kata untuk disampaikan. Wajar saja kini ia menjadi fasih dalam penyampaian.

BACA JUGA:  Efektivitas Guru dan Siswa dalam Interaktif Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Membaca juga akan menambah wawasan kamu. Bisa tahu banyak hal akurat dan penting itu sesuatu banget loh. Biar enggak kudet alias kurang update. Rajin membaca berbagai ilmu dan informasi akan bikin wawasan kamu semakin tinggi, namun hatimu merunduk bagai padi. Cakep deh pokoknya. Belum lagi janji pahala dari Allah. Eit, ini ngomongin apa ya? Membaca atau pahala di mana kaitannya?

Kita bisa baca firman Allah SWT dalam Al-Quran Surah Al Mujadillah ayat 11 yang artinya, “Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang memiliki ilmu dengan beberapa derajat yang tinggi.”

MasyaAllah…Ternyata, membaca dan pahala itu kaitannya erat banget sobat. Di dalam Islam, menuntut ilmu adalah salah satu hal yang sangat diperhatikan. Kita semua tanpa pandang usia diperintahkan menuntut ilmu. Kapan saja, di mana saja, kepada siapa saja, dengan media apa saja. Tapi, jangan menuntut ilmu hitam loh ya. Itu syirik bisa bikin dosa -_-

BACA JUGA:  Apa Itu Literasi ?

Membaca adalah cara menuntut ilmu yang paling mudah untuk dilakukan. Jangan pernah malas baca lagi sobat. Sayang banget kesempatan dapat pahala malah sirna.

Pada masa kejayaan Islam, negara sangat mendukung budaya baca tulis umat. Khalifah Al-Makmun dan Khalifah Harun Ar-Rasyid memberikan imbalan berupa emas seberat buku yang ditulis oleh para penulis. Tak heran di zaman Kekhilafahan Bani Abbasiyah ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang amat pesat.

Itu semua bisa menjadi the power of reading. Maka, saatnya bangkit sobat. Selain rajin shalat dan puasa kita juga kudu rajin ngaji dan membaca. Bulatkan tekad luruskan niat. Jika melihat sebuah tulisan atau buku langsung deh serbu. InsyaAllah ada ilmu di situ.

Bacalah… Bacalah… Cari apa yang ingin kau temukan. Semangat membaca 😉 []

Komentar

Berita lainnya