oleh

Depok Masih Rawan Penularan Covid-19, Ini Alasannya

DEPOK – Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyampaikan beberapa faktor penyebab Kota Depok rawan penularan Coronavirus (Covid-19). Salah satunya karena letak geografis Depok yang diapit empat kota, kabupaten lain.

“Kota Depok di sebelah utara berbatasan dengan Tanggerang Selatan dan Jakarta Selatan. Sebelah timur berbatasan dengan Kota Bekasi dan sebelah barat dan selatan berbatasan dengan Kabupaten Bogor. Dengan demikian, secara geografis rawan terjadi penularan,” kata Mohammad Idris usai mengikuti Video Conference (Vidcon) dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Selasa (11/08 20).

Kemudian, faktor lainnya adalah warga Depok yang bersifat commuter. Menurutnya, sekitar 1 juta lebih masyarakat Depok mencari nafkah di Jakarta dan rata-rata usia produktif.

BACA JUGA:  Kampanye Pilkada 2020 Harus Terapkan Protokol Ketat

“Lalu, sejumlah pabrik di Kota Depok juga menjadi faktor yang mendongkrak angka penularan. Sebab, sekitar 60 persen karyawan pabrik merupakan warga luar Depok,” tuturnya.

Tidak hanya itu, sambung Mohammad Idris, kedisiplinan masyarakat juga sudah berkurang, saat ini suasananya sudah seperti kembali normal. Untuk itu, dia ingin adanya kebijakan bersama antara pusat dan kepala daerah di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

BACA JUGA:  Idris Ajak Warga Depok Baca Qunut Nazilah dan Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

“Dengan adanya kebijakan ini agar bisa terintegrasi percepatan penanganan Covid-19, sehingga menjadi tanggung jawab bersama. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan keselamatan,” tutupnya. []

Komentar

Berita lainnya