oleh

Transformasi Ponsel 1983-2020

HP portabel pertama dijual seharga Rp 54 juta

Bagi kaum milenial, kebutuhan akan telepon seluler (ponsel) dan koneksi internet mungkin seperti kebutuhan manusia akan oksigen, sangat penting dan tak bisa dipisahkan. Namun pernahkah kamu membayangkan seperti apa bentuk dan teknologi ponsel zaman dulu? Terbayangkah jika HP jadul beratnya bisa mencapai 3,5 kilogram. Jangankan digunakan untuk SMS, HP generasi pertama hanya bisa digunakan untuk menelepon sebentar saja. Harganya juga tak main-main. Karena tergolong teknologi baru, hanya orang kaya saja yang bisa membelinya.

Zaman now, sudah tak ada lagi HP yang bentuknya seperti batu bata. Desain tipis dan nyaman digenggam menjadi tren kekinian. Tak hanya bentuknya yang tipis, banyak fitur juga yang membuat HP tak hanya sekadar alat komunikasi.

Penasaran bagaimana transformasi HP dari masa ke masa? Berikut  delapan transformasi HP dari tahun 1980-an hingga 2020, dilansir dari berbagai sumber.

1. 1983: HP portabel pertama dijual seharga Rp 54 juta

 

(Foto: dailymail.co.uk)

DynaTAC adalah telepon seluler pertama di dunia yang diproduksi oleh Motorola, Inc. dari tahun 1983 hingga 1994. Pengisian penuh memakan waktu sekitar 10 jam, itu menawarkan 30 menit untuk talktime atau telepon. Motorola ini juga memiliki layar LED untuk panggilan atau menelepon kembali salah satu dari 30 nomor telepon yang ada sebelumnya. Motorola ini dipatok dengan harga $ 3,995 pada tahun 1984, tahun rilis komersial, setara dengan $ 9.410 pada 2017. DynaTAC adalah singkatan dari “Dynamic Adaptive Total Area Coverage “ atau “Cakupan Area Total Adaptif dan Dinamis.”

2. 1989: HP lipat mulai diperkenalkan

MicroTAC 9800X. (Foto: Pinterest)

Masih dari perusahaan ponsel yang sama berbasis di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Pada masa berikutnya diproduksilah HP model lipat berjuluk MicroTAC 9800X.

BACA JUGA:  Layanan Gratis Google Photos Segera Berakhir

Motorola MicroTAC 9800X ini dirilis pada 1989 dengan bentuk flip yang ikonik khas ponsel jadul pada masanya. Motorola MicroTAC 9800X mulanya dirilis untuk merebut posisi teratas dalam pasar ponsel. Dengan handset kecil dan berat yang super ringan, Motorola MicroTAC 9800X menjadi ponsel yang berbeda dari perangkat lain di pasar telepon seluler.

Lipatan khusus HP ini hanya berfungsi sebagai mikrofon saja. Tombol angka dan huruf masih ada di lipatan utamanya. Menariknya, antena yang ada di HP ini hanya hiasan saja, tak ada fungsi untuk menguatkan sinyal sama sekali.

Di Indonesia, HP jenis ini dibanderol dengan harga mencapai Rp 19juta.

3. 1992: HP pertama di jaringan GSM, awal era Nokia

Nokia 1011. (Foto: Pinterest)

 

Jaringan GSM membuat komunikasi semakin lancar. Untuk itu Nokia, perusahaan alat komunikasi asal Finlandia memproduksi ponsel yang memiliki jaringan GSM. Teknologi ini membuat warga di Inggris semakin mudah berkomunikasi.

Nokia 1011 adalah telepon GSM pertama yang diproduksi secara massal. Nomor tipenya merujuk pada tanggal peluncurannya, 10 November 1992.

Perangkat berwarna hitam ini memiliki dimensi 195 x 60 x 45 mm, berlayar monokrom dan memiliki antena yang dapat dipanjangkan. Memori yang dimilikinya mampu menyimpan 99 nomor telepon. Telepon ini belum memiliki nada dering khas Nokia, yang baru diciptakan pada 1994. Telepon ini beroperasi pada jaringan 900 MHz.

Harganya saat peluncuran dulu Rp 4,5 juta. Dengan harga yang mahal, HP ini merupakan model tercanggih hingga tahun 1994.

4. 1994: HP dengan layar sentuh pertama menggunakan stylus

Simon. (Foto: telegraph.co.uk)

Teknologi awal dari layar sentuh sudah ada sejak tahun 1994. HP bernama Simon keluaran perusahaan IBM, Amerika Serikat yang juga memproduksi hardware, middleware, dan software komputer ini menggunakan aplikasi layaknya smartphone zaman sekarang.

BACA JUGA:  Layanan Gratis Google Photos Segera Berakhir

Simon menjadi smartphone pertama yang menggabungkan fungsi telepon seluler dan PDA (Personal Data Assistant) dalam satu perangkat. Dengan kecerdasannya itu, Simon menjadi smartphone yang dibekali layar sentuh monochrome berukuran 4,5 inci dan sebuah stylus untuk mengoperasikan fitur di dalamnya.

Dulu harganya bisa mencapai Rp 12 juta dan hanya bisa digunakan di Amerika saja.

5. 1996: Communicator ala The Matrix

Nokia 9000. (Foto: Pinterest)

Seri Nokia Communicator yang mengadopsi desain clamshell, yang dapat dibuka untuk mengakses keyboard qwerty dan juga dilengkapi layar LCD. Nokia 9000 Communicator adalah produk pertama dalam seri Communicator Nokia dan disinyalir menjadi ponsel pertama yang bisa mengakses internet.

Diperkenalkan ke pasaran pada 15 Agustus 1996.  Ponsel ini besar dan berat pada 397 gram (14,0 oz) tetapi kuat pada saat itu. Ini didukung oleh Intel 24 MHz i386 CPU dan memiliki 8 MB memori, yang dibagi antara aplikasi (4 MB), memori program (2 MB) dan data pengguna (2 MB). Communicator adalah salah satu smartphone paling awal di pasaran,  setelah IBM Simon pada 1994.

Di tahun yang sama yaitu tahun 1996, Nokia merilis ponsel model slider dengan nama model Nokia 8110. Ponsel ini dipakai dalam adegan film `The Matrix` oleh aktor Kenau Reeves.

6. 2000: HP dengan OS Symbian mulai diperkenalkan

Ericsson R380. (Foto: Pinterest)

Di tahun 2000, Ericsson memperkenalkan perangkat pertama yang disebut smartphone lewat seri R380. Ini merupakan handset ringan dan smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Symbian.

Tak lama berselang, muncul Nokia 3310 yang mendominasi pasar ponsel. Lalu Samsung juga masuk dalam industri ponsel dengan merilis handset pertama yang mampu memutar musik MP3 yaitu Samsung SPH-M100.

7. 2007: iPhone, Layar sentuh kapasitif yang dioperasikan dengan tangan

iPhone generasi pertama. (Foto: Pinterest)

Pada tahun 2007, Apple meluncurkan smartphone pertamanya yaitu iPhone. Berkat desain yang menarik dan user interface yang intuitif, iPhone langsung menjadi populer.

BACA JUGA:  Layanan Gratis Google Photos Segera Berakhir

Teknologi layar sentuh memang sudah ada sejak sekitar tahun 1994, namun ponsel generasi pertama dari iPhone inilah yang membuat layar sentuh kapasitif menjadi semakin populer. Teknologi ini membuat HP cukup dioperasikan dengan sentuhan jari saja.

8. 2020: Teknologi 5G

(Foto: Istimewa)

Era jaringan 5G bertahap sudah dilakukan. Jaringan 5G tak hanya berdampak pada ponsel saja, tetapi juga rumah, transportasi dan tempat kerja. Teknologi baru berbasis 5G akan mengendalikan mobil tanpa pengemudi, menghadirkan panggilan telepon hologram, dan menciptakan realitas di mana saja.

Uji coba di Amerika Serikat (AS) menunjukkan, 5G memberikan kecepatandata hingga 1.000 Mbps per detik. Ini 25 kali lebih cepat dari kecepatan 4G dan berpotensi meningkat kecepatan hingga 10Gbps.

Suatu hari nanti, seseorang bisa mengunduh film berdurasi dua jam ke ponsel hanya dalam waktu 3,6 detik. Para ahli menyebutnya sebagai inovasi teknologi terbesar, sejak keberadaan internet.

Walaupun jaringan 5G belum diimplementasikan, Motorola telah menyiapkan smartphone 5G pertama di dunia Moto Mod 5G untuk perangkat Moto Z3 sejak 2018 lalu. Moto Mod merupakan perangkat tambahan yang diciptakan Motorola untuk menambah fitur diluar kemampuan smartphone, seperti proyektor, JBL soundboost, dan lain-lain.

Moto Mod 5G milik Motorola ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan jaringan 5G hanya dengan menempelkannya ke penutup belakang ponsel. Perangkat ini hanya bekerja pada varian terbaru, Moto Z. Ini juga yang akan membuat Motorola bakal mendapatkan julukan 5G “updgradeable”. Karena teknologi ini merupakan pertama di dunia, khususnya di pasar ponsel pintar. []

Komentar

Berita lainnya