oleh

Sudin PPKUKM Jakarta Timur dan Wings Group Bekali UMKM dengan Pelatihan Hard Skill

JAKARTA – Pada masa pandemi seperti saat ini, tidak sedikit masyarakat yang harus berjuang lebih keras guna mendapatkan pundi-pundi rezeki akibat berkurangnya pendapatan, bahkan beberapa harus sampai kehilangan mata pencahariannya. Dalam menyikapi peristiwa ini, WINGS Group bekerjasama dengan Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) Jakarta Timur guna membekali para ibu-ibu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari sisi hard skill. Kegiatan pelatihan yang mengadopsi konsep webinar ini menyasar sekitar 250 peserta yang terbagi di 10 Kecamatan Kota Administrasi Jakarta Timur.

Dilansir dari portal resmi pemerintah Republik Indonesia, sektor UMKM masih diyakini sebagai kekuatan penyangga ekonomi nasional dengan jumlah UMKM di Indonesia mencapai 99,9% dari total unit usaha di Indonesia. Hal ini pun didukung dengan angka pertumbuhan sektor UMKM yang terus meningkat setiap tahunnya. Workshop yang dilaksanakan pada hari Selasa (28 Juli 2020) ini memberikan pengetahuan mendalam mengenai kreasi produk olahan makanan dan minuman yang dapat diproduksi oleh para pelaku UMKM dengan cara yang praktis dan tentunya memiliki nilai jual.

“Di tengah kondisi perekonomian yang berombak imbas hantaman COVID-19, kami melihat bahwa peluang usaha melalui kreasi produk olahan makanan dan minuman masih sangat menjanjikan dan dapat membantu masyarakat dalam memperbaiki kondisi perekonomian mereka. Maka dari itu, kami merasa terpanggil untuk membantu masyarakat sehingga mereka dapat berkecimpung ke dalam dunia UMKM ini. Kami juga berharap workshop ini dapat membantu menumbuhkan semangat juang mereka, terutama mereka yang terpukul oleh kondisi ekonomi yang sulit,” tutur Ricky Tjahjono, Manufacturing Director Wings Group.

BACA JUGA:  Refleksi Tiga Tahun Gerbang Betawi

Pada kesempatan kali ini, Wings Group menggandeng Sudin PPKUKM Jakarta Timur sehingga kegiatan ini dapat dilakukan dengan maksimal serta dapat menjangkau golongan masyarakat yang tepat. “Kami menyambut baik inisiatif ini dan memberikan apresiasi kepada Wings Group karena telah peduli terhadap nasib para pelaku UMKM. Pelatihan ini tentunya dapat memberikan manfaat yang nyata dan luas kepada mereka dan keluarga, terutama di tengah kondisi seperti sekarang. Melalui kerjasama ini, kami harap seluruh peserta nantinya dapat mengambil peluang di tengah kesulitan serta dapat memetik hasil yang memuaskan sehingga perekonomian masyarakat dapat terbantu” terang Muhammad Anwar, Walikota Jakarta Timur.

BACA JUGA:  Ikuti Protokol Kesehatan, Gerbang Betawi Gelar Raker II Secara Virtual

Workshop ini diisi oleh juru masak dan barista handal yang kaya akan ide sebagai narasumber. Tak hanya berbagi pengetahuan dan pengalaman, mereka juga mempraktikkan bagaimana cara memanfaatkan dan mengolah beragam produk makanan dan minuman yang mudah dijumpai dengan cara yang menarik dan higienis sehingga menghasilkan kreasi yang bernilai jual tinggi. Workshop online ini bersifat interaktif sehingga para peserta juga dapat berkomunikasi dengan para narasumber meskipun berada di tempat yang berbeda. Kegiatan ini tentunya dijalankan dengan mengindahkan protokol kesehatan yang baik dan benar di seluruh lokasi pelaksanaan seperti mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer, menggunakan masker dan face shield, pengecekan suhu tubuh serta penerapan physical distancing. []

Komentar

Berita lainnya