oleh

Peringatan 100 Tahun ITB, Inovasi untuk Pertumbuhan Berkelanjutan

BANDUNG – Tepat pada 3 Juli 2020, Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia (PTTI) genap berusia 100 tahun. Peringatan 100 tahun ITB dan PTTI mengusung tema besar yaitu Inovasi untuk Pertumbuhan Berkelanjutan.

Sejarah panjang berdirinya kampus ini, berawal dari didirikannya Technische Hogeschool (1920) sampai diresmikan dengan nama Institut Teknologi Bandung (1959) oleh Presiden Ir. Soekarno, menjadi catatan sejarah lahirnya PTTI.

Memperingati 100 tahun PTTI tersebut, ITB akan menyelenggarakan Sidang Terbuka Peringatan Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia di Aula Timur Kampus ITB Jalan Ganesha No.10 Bandung, Jumat, 3 Juli 2020 pukul 09.00 WIB. Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D..

BACA JUGA:  JPI dan FORSI HIMMPAS INDONESIA Jalin Kerjasama Di bidang Literasi dan Digitalisasi

Pada Sidang Terbuka Peringatan 100 Tahun PTTI, Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo akan memberikan sambutan. Namun karena masih dalam situasi pandemi COVID-19, pelaksanaan sidang terbuka akan digelar secara daring. Kendati demikian, beberapa pimpinan ITB akan hadir pada acara tersebut untuk mengikuti prosesi sidang terbuka. Selain itu pada rangkaian Peringatan Peringatan 100 ITB dan Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia diadakan peresmian tile naming.

Dalam rangka peringatan 100 tahun ITB, Majelis Wali Amanat (MWA) ITB mencanangkan program Satu Abad Satu Triliun (1A1T) untuk Dana Lestari ITB yang dikelola oleh BPUDL ITB. Didukung Salam Ganesha, yaitu gabungan alumni muda yang berdedikasi untuk melaksanakan kampanye, sosialisasi penggalangan dana dilakukan dengan cara kreatif, yaitu menggunakan platform digital dan memanfaatkan media sosial untuk mengajak para philanthropy berkontribusi dalam pengembangan ITB.

BACA JUGA:  Konser Amal dan Doa Bersama Road to UTBK 2020 Sukses Digelar

Dalam periode Januari hingga Maret 2020, telah terhimpun komitmen dana dari beberapa alumni sebesar Rp9.51 miliar dari 59 donatur. Sebagai bentuk penghargaan bagi para donatur, ITB bersama Salam Ganesha menggagas kegiatan pemasangan tile naming di fasilitas bersama kampus dengan mencantumkan nama-nama donatur tertentu di area Rotunda ITB.

Proses pemasangan tile naming batch-1 telah selesai dilakukan pada Kamis, 18 Juni 2020 dengan biaya sebesar Rp490 juta. Biaya tersebut meliputi biaya perancangan, kontruksi, renovasi area, dan penataan ulang taman rumput di sekitar Rotunda.

BACA JUGA:  Ringankan Warga Terdampak Covid-19, Kelompok Dosen PNJ Beri Bantuan

Pada hari ini, tile naming tersebut akan diresmikan oleh Rektor ITB Prof. Reini wirahadikusumah, Ph.D., turut dihadiri pula oleh Sekretaris Institut Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo, Kepala BPUDL ITB Deddy Priatmodjo Koesrindarto, Ph.D., Direktur Sarana dan Prasarana ITB Dr. Herto Dwi Ariesyady, S.T., M.T., dan Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Dr. Naomi Haswanto, M.Sn., serta Kepala Kantor Kealumnian Dede Koswara, A.Md., ST. []

Komentar

Berita lainnya