oleh

Pentingnya Ilmu Jurnalistik Untuk Personil TNI

BANDUNG – Personil TNI saat ini tidak hanya harus mampu melakukan strategi perang, tetapi saat ini mereka juga harus memiliki ilmu lain diluar sebagai anggota TNI.

Halnya yang dilakukan Kodam III/Siliwangi, dimana para personilnya dibekali ilmu Jurnalistik sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Jurnalistik.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) III/Slw, Kolonel Inf F.X. Sri Wellyanto Kasih mengatakan, selama pembekalan yang dilaksanakan 3 hari ini, para peserta akan mendapatkan pembekalan dan wawasan tentang menulis, khususnya menulis jenis nonfiksi yang didalamnya menyangkut penulisan berita.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil Akan Penuhi Panggilan Bareskrim Polri

“Selain menulis, para peserta juga akan mendapatkan pengetahuan terkait pengoperasian kamera Foto, kamera video, serta drone,” kata Sri, di Media Center Kodam III/Siliwangi, Selasa (28/07/2020).

Menurut Sri, jurnalistik merupakan kegiatan mencari, mengolah, menyusun dan mempublikasikan berita kepada masyarakat dan mengoperasikan kamera goto dan video serta drone, merupakan pengetahuan dan keterampilan yang mutlak diperlukan agar dapat melaksanakan kegiatan Jurnalistik.

“Meskipun TNI memiliki motto “Tulus Berbakti Untuk Rakyat”, namun masyarakat pun perlu tahu apa yang dilakukan TNI untuk masyarakat,” ucap Sri, dalam sambutan yang dibacakan Kasituud Pendam III/Slw, Mayor Inf Loekman Hakim.

BACA JUGA:  Jabar Diproyeksikan Menjadi Daerah Percontohan Penanganan COVID-19

Sri menambahkan bahwa prajurit TNI baik yang berada di Satuan Penerangan, maupun yang berada di satuan Komando Kewilayahan perlu memahami dan mengetahui proses pembuatan dan penyampaian informasi tersebut.

“Kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sungguh-sungguh, berikan saran dan masukan positif yang bersifat membangun, adakan komunikasi timbal balik serta tanyakan apabila ada hal-hal yang belum jelas dan dimengerti kepada pemberi materi sehingga pelaksanaan Pembekalan Jurnalistik ini berjalan optimal sesuai tujuan dan sasaran,” tuturnya.

BACA JUGA:  Jabar Luncurkan Program Rumah Subsidi untuk Guru

Sri berharap, para peserta dapat memberikan kontribusi yang penting dalam mewujudkan personel yang mampu menguasai bidang penerangan, khususnya mampu membuat berita dan dipublikasikan agar berbagai kegiatan satuan dapat diketahui oleh masyarakat melalui berbagai media yang ada.

“Kita harap kegiatan satuan dapat diketahui oleh masyarakat melalui informasi maupun berita yang kita buat,” ujarnya. []

Komentar

Berita lainnya