oleh

Mahasiswa UNS Lakukan Kegiatan KKN UNS Era Covid-19 di Kelurahan Pangkalan Jati, Depok

DEPOK – Sejak wabah virus corona atau Covid-19 masuk ke Indonesia pertama kali di awal bulan Maret, banyak factor kehidupan yang terdampak akibat dari virus ini, seperti bidang kesehatan, bidang ekonomi, bidang pendidikan, factor social, dan masih banyak lagi.

Terkhusus pada bidang pendidikan, dimana diberlakukannya kegiatan belajar secara daring (online) untuk mengurangi kontak fisik yang dapat memengaruhi penyebaran Covid-19. Meskipun pembelajaran dilakukan dengan online, hal ini tidak menyurutkan semangat Universitas Sebelas Maret (UNS) agar mahasiswa tetap memberikan kontribusi terhadap masyarakat di tengah wabah pandemic ini,

Dalam hal ini, universitas menginisiasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Covid-19 dengan memberikan wadah bagi mahasiswa untuk tetap berkontribusi di masyarakat namun dilakukan dari tempat tinggal masing – masing. Kegiatan KKN ini mengambil beberapa tema besar sehingga memudahkan mahasiswa terkait dengan sasaran kegiatan yang akan dilakukan.

BACA JUGA:  UPH Percepat Transformasi Digital bagi Siswa dan Guru

Gabriella Hosianna, salah satu mahasiswi UNS yang berada dibawah bimbingan Prof. Ahmad Yunus melakukan kegiatan KKN dari tempat tinggalnya di Pangkalan Jati RT02/RW04, Cinere, Depok. Mengambil tema “Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19”, ia melakukan beberapa kegiatan yang mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan sekitar ditengah pandemic ini.

BACA JUGA:  UPH Percepat Transformasi Digital bagi Siswa dan Guru

Beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu memberikan edukasi tentang hal – hal yang harus dilakukan saat pandemic dengan menempel poster serta melalui media social, menyediakan sarana cuci tangan di sekitar lingkungan, membagikan video cara membuat disinfektan yang mudah, serta yang lainnya. Saat melakukan kegiatan KKN ini, ia juga tetap mengikuti panduan yang dikeluarkan pemerintah apabila tidak didalam rumah, seperti memakai masker, menerapkan social distancing, serta mencuci tangan dengan hand sanitizer setelah memegang sesuatu.

BACA JUGA:  UNJ Gelar ICELS 2020: Sosialisasikan Pendekatan Baru Bahasa, Humaniora, dan Iptek Di Masa Covid-19

Kegiatan ini dilakukan sejak bulan Mei hingga bulan Juni 2020 dan diharapkan masyarakat mengerti tentang pentingnya menjaga kebersihan serta meningkatkan imun tubuh di saat pandemic ini. Sebagai program terakhir, ia membagikan masker, cairan disinfektan, dan selebaran yang berisi informasi panduan melakukan kegiatan disaat PSBB masih berlangsung. []

Komentar

Berita lainnya