oleh

Apresiasi Dosen di Era New Normal, ADRI Siapkan ADRI Award dan Internasional Conference 2020

ADRI sebagai perkumpulan ahli dan dosen Republik Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia anggotanya. Sekaligus meningkatkan kualitas dosen yang unggul dan kompetitif di tengah era digital dan revolusi industri 4.0.

Sebagai realisasi komitmen itulah, ADRI bersiap untuk menggelar Mukernas (Musyawarah Kerja Nasional) III pada 17-18 Agustus 2020 secara online. Selain untuk konsolidasi para anggota dan pengurus di masing-masing provinsi, Mukernas III ADRI kali ini akan melakukan parade kegiatan secara online yang terdiri dari: 1) International Conference ADRI dengan proceeding yang akan dipimpin Prof. Endry Boeriswati, 2) Call for paper Pengabdian Masyarakat dengan proceeding yang dikoordinatori oleh Lila Lila Puji Lestari (cand) Ph.D., 3) ADRI AWARD untuk Dosen Berprestasi yang digawangi Prof. Supari Muslim, dengan kriteria diantaranya: a) H3 indeks, b) Artikel internasional, c) Artikel Sinta, dll., 4) Pelantikan DPD ADRI DKI Jakarta Banten, USA, RUSIA, INGGRIS yang dipimpin Prof. Eri Sarimanah, 5) Pendampingan Akselerasi Jabatan Fungsional Dosen akan dikoordinir oleh Prof. Suliyanto., 6) Publikasi ilmiah Journal ADRI dipimpin Prof. M. Ikhsan S. Narotama, 7) Visiting Professor ONLINE, dan 8) Capacity Building ADRI yang dikoordinir Dr. Angki Soedrijanto. Bertindak sebagai Ketua Panitia Mukernas III adalah Dr. Nuning Nurnadewi dan Lila Puji Lestari (cand) Ph.D dari UMAHA.

BACA JUGA:  JPI dan FORSI HIMMPAS INDONESIA Jalin Kerjasama Di bidang Literasi dan Digitalisasi

Dalam rapat panitia Mukernas III ADRI siang ini (27/07/2020) disepakati ADRI akan melakukan konsolidasi pengurus sekaligus koordinasi program dengan DPD (Dewan Pengurus Daerah) di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan karena ADRI saat ini telah menjadi mitra Ditjen Dikti dalam meningkatkan kinerja dan kualitas dosen di Indonesia.

“ADRI akan fokus pada tradisi ilmiah dan pengembangan profesi dosen di Indonesai. Sebagai contoh di masa Covid-19 ini, ADRI telah menggelar 20 webinar internasional. Maka ke depan, kami akan lebih tingkatkan sekaligus memfasilitasi kegiatan ilmiah yang mendukung karier dosen” ujar Dr. Achmad Fathoni Rodli., M.Pd (Presiden ADRI/Rektor UMAHA) didampingi Prof. Dr. Eri Sarimanah, M.Pd. (Sekjen ADRI/Guru Besar Unpak).

BACA JUGA:  Permudah Biaya Kuliah, Pintek Teken MoU dengan UBSI

ADRI berharap dapat terus meningkatkan koordinasi dan jaringan publikasi ilmiah bagi para dosen. Karena itu, ADRI pun akan menggiatkan kembali jurnal ilmiah ADRI yang sudah ada. Agar dapat dimanfaatkan oleh para anggota atau dosen di Indonesia sekaligus membangun koneksi yang lebih intens antara pusat dan daerah.

Pengurus ADRI sepakat bahwa ADRI adalah wadah bersama para dosen. Untuk itu, ADRI pun mengimbau untuk terus-menerus berkonsolidasi demi optimalnya dan kemanfaatan organisasi sekalipun di tengah wabah Covid-19. Termasuk melakukan pembimbingan dari dosen senior kepada dosen yunior, khususnya dalam pengabdian masyarkat.

BACA JUGA:  Konser Amal dan Doa Bersama Road to UTBK 2020 Sukses Digelar

Hal yang tidak kalah penting, ADRI akan menggenjot aktivitas yang berkaitan dengan tri darma perguruan tinggi. Di samping upaya untuk membangun gotong-royong akar komunitas ahli dan dosen yang tergabung dalam ADRI dapat berkontribusi lebih besar lagi kepada masyarakat, bangsa dan negara Indonesia. (Syarifudin Yunus — Humas ADRI)

Komentar

Berita lainnya