oleh

Sarana Belajar di Era Covid-19, Mahasiswa KKN UM Ciptakan Video Edukasi Bagi Anak TPQ

KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan suatu pengabdian kepada masyarakat desa yang dilakukan mahasiswa. Dengan adanya Covid-19, KKN tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya mahasiswa KKN dapat secara langsung melakukan pengabdian dan tinggal di desa hingga beberapa minggu. Namun dengan adanya Covid-19 yang sedang melanda saat ini bukan menjadi penghalang bagi mahasiswa untuk tetap dapat mengabdi dan mengedukasi masyarakat desa meskipun dilakukan secara online.

Seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Lumajang, para mahasiswa ini melakukan KKN secara online di Desa Nogosari Kecamatan Rowokangkung Kab. Lumajang. Mahasiswa KKN berjumlah 21 orang yang di dampingi oleh Rezka Arina Rahma, S.Pd. M.Pd dan selaku Dosen Pendamping Lapangan. Dalam proses pengabdian mahasiswa terdapat 5 program kerja yang salah satunya adalah program kerja video animasi untuk mengedukasi anak-anak TPQ.

BACA JUGA:  Yuk Kenali Beasiswa ICCR dari Pemerintah India

Melalui program kerja video animasi ini kelompok mahasiswa yang beranggotakan Maya Faurita (FIP), Meirita Diana (FIP), Romi Valosa A. (FIK), dan Wahyu Dwi Kusrini (FIP), mengedukasi anak-anak TPQ melalui video animasi yang bertema tentang akhlak. Penanaman akhlak sejak dini merupakan suatu hal yang sangat perlu diperhatikan untuk kelangsungan hidup dimasa depan anak-anak. Mengingat pada masa sekarang ini semua kalangan masyarakat mudah terpengaruh oleh budaya-budaya barat dan mulai melupakan akhlak terpuji yang biasanya dilakukan oleh masyarakat zaman dahulu.

BACA JUGA:  Literasi Milenial, Mengukir Prestasi Lewat Tulisan

Melalui video animasi tersebut mahasiswa bermaksud ingin mengedukasi anak-anak TPQ dengan adab terhadap orang tua dan adab terhadap guru dan di desain dengan semenarik mungkin. Video edukasi diberikan kepada 3 TPQ yaitu TPQ Al-Mutaqin, TPQ Al-Barokah, dan TPQ Nurul Ummah yang berada di Desa Nogosari dengan menggunakan daring. Para mahasiswa KKN Pulang Kampung Lumajang berharap dengan dibuatnya video animasi dapat menjadi media pembelajaran pada anak-anak dan dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari. (Meirita Diana)

Komentar

Berita lainnya