oleh

Lawan Hoax, Kotak Rilis Single “Hoax”

Kotak Band rilis single terbaru berjudul “Hoax”. Alasan dirilisnya single tersebut demi melawan Virus Hoaks. Trio rock alternatif Kotak kembali ke kancah musik Tanah Air dengan single “Hoax”, pada Jumat, 26 Juni 2020.

Lagu “Hoax” merupakan bentuk kegelisahan sekaligus cara nyata Kotak melawan proses disinformasi yang kerap berlangsung di masyarakat. Aroma rock yang kental sudah terasa sejak intro “Hoax”, menunjukkan identitas musik Kotak yang kuat dengan sound modern.

“Hoax” adalah alarm dan kontrol pengingat untuk semua. “Virus hoax menjadi tren dengan sengaja atau tanpa sengaja dinaikkan, disanggah minta maaf. Masyarakat banyak yang sudah muak, vaksin virus ini (hoaks) ada di laboratorium coba yang jernih dan hati yang luas,” ujar Tantri Vokalis Kotak, dalam Youtube Kotak Band Official Sabtu (27/6/2020).

BACA JUGA:  Model Cantik Hanggini Rilis Single Baru "Ruang Bahagia"

Pemilihan waktu rilis pada akhir Juni dilakukan atas pertimbangan persiapan Tantri yang sebelumnya memutuskan untuk mengambil cuti dari Kotak, karena sedang hamil anak kedua.Tantri akan kembali ke Kotak pada bulan Juli 2020 ini.

Lagu “Hoax” ini merupakan rangkaian paling awal untuk album penuh mereka yang akan diberi judul Identitas. Album Identitas sendiri akan hadir pada bulan September 2020, yang juga bertepatan dengan ulang tahun ke-16 grup tersebut.

BACA JUGA:  Tentang Kain Hitam di Videoklip Lagu ‘Jangan Dipaksa’ Bima WP feat. Febby Alandino

Produksi “Hoax” dilakukan serba do-it-yourself (DIY). “Hoax” adalah single yang dibikin serba ‘sendiri’. Mereka tidak melibatkan pihak lain terkait teknis produksi single yang dikerjakan di Yogyakarta ini. Bukan hanya secara teknis musik, tetapi juga penulisan lagunya.

Tidak hanya lagu, Kotak mengakali kreativitas mereka di masa pandemi dengan produksi video klip lewat cara DIY. Situasi pandemi COVID-19 yang berdampak pada keterbatasan sosial tidak bisa bertemu langsung justru memancing kreativitas lebih unik di antara mereka.

BACA JUGA:  Tival Salsabila Kembali dengan Single "Peka"

Kotak mengadaptasi pass the phone challenge untuk video “Hoax”, yang menampilkan beberapa figur publik seperti Gisella dan Gempi, Adib Hidayat (Billboard Indonesia), Triawan Munaf, Armand Maulana, Lukman Sardi, dan beberapa lainnya.

Berbagai cuplikan dari para seleb dan figur publik tersebut kemudian dijahit menjadi satu kesatuan penuh bertema surat kabar. Hasilnya, menjadi video klip yang bernuansa dinamis dan tepat sasaran demi menyampaikan pesan yang terkandung dalam lirik. Lagu Hoax mengajak masyarakat untuk berhenti menyebarkan berita bohong. (BKarmila/Depokpos)

Komentar

Berita lainnya