oleh

Jadi Pemimpin Itu [Gak] Mudah

Pasti setiap orang pernah bermimpi untuk menjadi seorang pemimpin. Alasannya juga berbagai. Ada yang ingin menjadi pemimpin karena tidak mau diatur atau di bawah tekanan seseorang, ada juga karena ingin menjadi seseorang yang berpengaruh dan berperan untuk orang lain. Tapi, apakah kalian memahami arti dari seorang pemimpin?

Pemimpin ialah seseorang yang mendapatkan amanah untuk mengurus urusan orang lain dan seseorang yang harus memposisikan diri sebagai pelayan masyarakat.

Nah, setelah tahu artinya, pasti kita berpikir ‘ah, susah jadi pemimpin’, ‘ aku mundur saja dehh’.

BACA JUGA:  Netizen Bukan Maha Benar Tapi Maha Sok Tahu

Eitss.. jangan mundur kawan-kawan.
Ketahuilah menjadi pemimpin mudah kok. Asal, kita mau berjuang dan bersungguh-sungguh. Tapi sebelumnya, kita harus tahu dulu ya karakteristik seorang pemimpin.

Karakteristik seorang pemimpin

Jadilah pemimpin yang dicintai
Yap, seorang pemimpin harus memiliki ini. Yang dimana kita harus memulainya dengan kita menjadi atasan yang mencintai bawahannya. Bagaimana kita menjadi pemimpin yang dicintai kalau kita tidak mencintai bawahan kita kan?

Menjadi pemimpin yang dicintai mudah, mulailah dengan kita ramah dan tidak memberikan beban yang berlebihan ke bawahan kita. Jangan mau jadi pemimpin yang otoriter dan memaksa.

BACA JUGA:  Digelar Virtual, Kegiatan Ospek Bisa Tetap Seru Lho

Pemimpin yang mampu menampung aspirasi
Menjadi seorang pemimpin janganlah ragu untuk mendengarkan aspirasi dari bawahan. Karena dari aspirasi-aspirasi tersebut, kita dapat mengetahui kekurangan-kekurangan dan kita dapat mencari solusi yang tepat untuk menanganinya.

Suka bermusyawarah
Ketika menghadapi untuk mengambil keputusan yang sulit, janganlah malu untuk mengajak anggota bermusyawarah. Karena, dari musyawarah tersebut, kita dapat mendapatkan poin yang lebih dari setiap pendapat dan akhirnya, kita dapat memutuskan pilihan. Tapi, jangan lupa, dari setiap keputusan merupakan hasil mufakat yaa…

BACA JUGA:  Efektivitas Guru dan Siswa dalam Interaktif Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Tegas
Point penting dari seorang pemimpin yaitu, tegas. Ini sangat penting. Ketika ada anggota yang melakukan kesalahan, jangan takut ataupun segan untuk menegur anggota. Tapi, cara kita menegurnya jangan sampai membuat anggota kita sakit hati.

Nah, itulah karakteristik-karakteristik seorang pemimpin. Tumbuhkanlah hal tersebut di dalam diri. Insya allah, kita menjadi pemimpin yang amanah dan dapat berperan dalam masyarakat.

Oleh Hana Nusaibah

Komentar

Berita lainnya